Jakarta (ANTARA) -
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) yang baru dilantik, Supratman Andi Agtas mengaku sudah mengajukan pengunduran diri sebagai anggota DPR RI sejak sepekan lalu.
 
Namun, karena sudah dilantik pada Senin pagi, menurutnya, keanggotaan sebagai legislator itu sudah otomatis dicabut.

Kemungkinan, kata dia, pengunduran dirinya itu akan ditandatangani oleh pimpinan DPR RI pada hari ini.
 
"Sudah lama kami ajukan, tapi kemungkinan karena hari ini dilantik, jadi otomatis hari ini mungkin ditandatangani oleh pimpinan DPR," kata Supratman saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.
 
Dia mengatakan baru akan berdinas normal sebagai Menkumham pada Selasa (20/8), yang didahului oleh kegiatan serah terima jabatan (sertijab) dari menteri lama ke menteri baru. Adapun mantan Ketua Badan Legislasi DPR RI itu dilantik menjadi Menkumham menggantikan Yasonna Laoly.
 
"Saya belum tahu jam berapa (sertijab), mungkin pagi," kata dia.
 
Di samping itu, dia pun enggan berkomentar mengenai peluang dirinya akan kembali menjadi menteri di era pemerintahan Prabowo Subianto pada Oktober mendatang.

Dia memastikan bahwa saat ini dia ditugaskan untuk menjadi menteri hanya untuk sisa periode Presiden Joko Widodo.
 
"Yang akan datang kita belum tahu," kata politisi dari Partai Gerindra itu.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) menggantikan Yasonna Laoly, dalam acara pelantikan menteri dan kepala lembaga di Istana Negara, Jakarta, Senin.
 
Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 92P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.
 
Supratman dilantik sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), bersama dengan Bahlil Lahadalia yang dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dan Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.
 
Presiden juga melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024