Satgas itu melekat pada jabatan. Itu melekat pada jabatan menteri investasi. Saya sudah pindah ke Kementerian ESDM, Ketua Satgasnya tetap Menteri Investasi Pak Rosan
Jakarta (ANTARA) - Bahlil Lahadalia yang baru saja dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan, jabatan Kepala Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilimpahkan kepada Rosan Roeslani

Bahlil mengaku akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Rosan Roeslani yang juga dilantik sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggantikan dirinya.

"Satgas itu melekat pada jabatan. Itu melekat pada jabatan menteri investasi. Saya sudah pindah ke Kementerian ESDM, Ketua Satgasnya tetap Menteri Investasi Pak Rosan," kata Bahlil saat memberikan keterangan di Istana Negara Jakarta, Senin.

Bahlil mengatakan bahwa sebagai anggota dalam Satgas Percepatan Investasi di IKN, keputusan akan diambil secara kolektif.

Ia juga memandang Rosan sebagai senior yang nantinya akan berkoordinasi terkait izin usaha pertambangan (IUP) yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM.

"Pak Rosan ini senior saya, sebagian daripada pekerjaan Kementerian ESDM itu hilirnya itu di Kementerian Investasi, utamanya soal IUP-IUP," kata Bahlil.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dalam acara pelantikan menteri dan kepala badan di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Pelantikan Bahlil sebagai Menteri ESDM berdasarkan Keputusan Presiden Nomor Nomor 92P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Bahlil memiliki latar belakang sebagai kader Partai Golkar dan pengusaha asal Papua yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sejak 2019.

Baca juga: Bahlil siap ambil formulir untuk daftar jadi Ketum Golkar
Baca juga: Bahlil pastikan tak ada konflik kepentingan usai jadi Menteri ESDM
Baca juga: Presiden instruksikan Bahlil Lahadalia optimalkan potensi SDA

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024