Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Serbia merangkap Montenegro, M. Chandra Widya Yudha mengatakan hubungan bilateral Indonesia-Serbia dan Indonesia-Montenegro terus berkembang secara konsisten.

"Kunjungan Presiden terpilih Republik Indonesia Bapak Prabowo Subianto ke Serbia dan pertemuan beliau dengan Presiden Aleksandar Vučić pada 29 Juli lalu menunjukkan kedekatan hubungan kedua negara", kata Dubes Chandra saat upacara peringatan HUT RI ke-79 tahun di Wisma Duta Beograd, Sabtu (17/8).

Melalui rilis KBRI Beograd yang diterima di Jakarta, Senin, dalam pidatonya Dubes menyampaikan perkembangan dan kemajuan Indonesia yang merupakan hasil implementasi kebijakan pembangunan di berbagai bidang termasuk infrastruktur dan konektivitas yang meningkatkan daya saing masyarakat, termasuk pembangunan Ibu kota Negara Nusantara.

Dia juga menggarisbawahi peningkatan di sektor ekonomi, perdagangan, investasi dan pariwisata, seperti investasi pengusaha Indonesia, Indo Adriatic Industry dengan mi instan “Indomie” dan Delta Danube dengan produk jamur yang terus berkembang.

Sementara dengan Montenegro, lanjut Dubes, peluang kerja sama di berbagai sektor juga semakin terbuka lebar.

"Pada pertemuan bisnis dengan KBRI Beograd di Podgorica dan Danilovgrad pada awal Juli lalu, telah dibahas kerja sama dengan dua pelaku usaha besar Montenegro di bidang telekomunikasi, wood industry, ekonomi kreatif, pariwisata, dan pertanian, untuk implementasinya dalam waktu dekat", katanya.

Dubes menambahkan bahwa pemenuhan layanan kekonsuleran dan perlindungan bagi WNI senantiasa menjadi prioritas KBRI Beograd dan akan terus ditingkatkan.

Selain itu, people-to-people contact kedua negara perlu semakin diperkuat antara lain melalui kegiatan kelompok kesenian KBRI Beograd, "Bidadari", maupun Asosiasi Persahabatan Indonesia-Serbia yang disebut "Nusantara".

"Bidadari" merupakan sanggar tari binaan KBRI Beograd yang sudah terbentuk sejak 20 tahun lalu dan beranggotakan 40 penari warga negara Serbia yang telah mempromosikan tarian di berbagai ajang promosi baik, di Serbia maupun di negara Eropa lainnya.

Sedangkan, "Nusantara" telah berdiri sejak 17 Agustus 2003 dan memiliki lebih dari 200 anggota yang mayoritas warga negara Serbia yang secara aktif mempromosikan hubungan people-to-people contact antar kedua negara.

KBRI Beograd mengelar upacara peringatan detik-detik proklamasi HUT RI ke-79 di Wisma Duta Beograd pada Sabtu (17/8) dan dihadiri WNI di Serbia dan friends of Indonesia dari kalangan pengusaha, jurnalis, akademisi, pelaku seni serta mitra kerja KBRI Beograd. Peserta upacara baik WNI maupun warga negara Serbia mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: KBRI Canberra beri penghargaan sekolah berbahasa Indonesia di HUT RI
Baca juga: WNI di Tokyo antusias peringati HUT Kemerdekaan ke-79 RI
Baca juga: KJRI Cape Town berharap WNI berkontribusi sesuai peran masing-masing

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024