Guangzhou (ANTARA) - China selalu menjadi prioritas utama kebijakan luar negeri Vietnam, demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Vietnam (Communist Party of Vietnam/CPV) sekaligus Presiden Vietnam To Lam di Guangzhou pada Minggu (18/8).

Atas undangan Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) dan Presiden China Xi Jinping, To Lam melakukan kunjungan kenegaraan ke China dari 18 hingga 20 Agustus. Dia tiba di Guangzhou, China selatan, pada Minggu pagi, menjadikan China sebagai negara pertama yang dikunjunginya sejak menjabat sebagai sekretaris jenderal Komite Sentral CPV sebelumnya pada bulan ini.

Menyebut bahwa sejarah revolusi Vietnam terkait erat dengan sejarah China, To Lam menuturkan bahwa generasi pemimpin terdahulu dari kedua partai dan negara telah menjalin persahabatan yang mendalam, dan rakyat Vietnam tidak akan pernah melupakan bantuan China dalam pembebasan nasional, kemerdekaan, serta pembangunan sosialis Vietnam.

Dia menambahkan bahwa partai dan negaranya selalu menganggap pengembangan hubungan dengan China sebagai prioritas utama dalam kebijakan luar negeri mereka, dan akan berusaha keras meneruskan tradisi persahabatan bilateral yang telah diciptakan oleh generasi pemimpin terdahulu dari kedua partai dan negara.

To Lam dan delegasinya bertolak ke Beijing setelah menyelesaikan kunjungan di Guangzhou pada Minggu sore.

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024