Berkat solusi Shanghai Electric, masa operasional pembangkit listrik ini bertambah 30 tahun

Ninh Binh, Vietnam, (ANTARA/PRNewswire)- Didukung Shanghai Electric, Pembangkit Listrik Ninh Binh, salah satu pembangkit listrik pertama Vietnam yang dibangun di Ninh Binh City, telah diremajakan secara komprehensif setelah beroperasi selama 45 tahun. Dengan teknologi modern dan peralatan canggih yang dipasok Shanghai Electric, daya keluaran (output) setiap unit dari empat turbin uap di pembangkit listrik tersebut meningkat dari 25 MW menjadi 27 MW. Lebih lagi, peremajaan ini akan memperpanjang masa operasional Pembangkit Listrik Ninh Binh selama 30 tahun.

Resmi beroperasi pada 1974, Pembangkit Listrik Ninh Binh, salah satu pembangkit listrik utama di Vietnam Utara, telah menopang infrastruktur lokal, pengelolaan air, dan pertumbuhan ekonomi. Ketika beroperasi dengan kapasitas penuh, fasilitas ini dapat memproduksi sekitar 800 juta kilowatt-jam listrik setiap tahun di Ninh Binh City.

Pembangkit Listrik Ninh Binh dibangun dengan dukungan Tiongkok. Shanghai Electric memasok seluruh sistem elektromekanika, tungku uap (boiler), dan peralatan pendukung. Semua sistem dan peralatan ini terus beroperasi dalam kondisi beban yang tinggi selama hampir empat dekade meski jarang dirawat. Pembangunan pembangkit listrik ini dimulai pada 1971. Sementara, desainnya menggunakan struktur semi-submerged dan semi-floating yang unik, dan area operasional utama terletak 11 meter di bawah tanah.

"Agar layanan premium dan solusi teknis tersedia bagi pengguna, Shanghai Electric bekerja sama dengan Pembangkit Listrik Ninh Binh dan mitra-mitra di Vietnam untuk membentuk tim khusus yang memperlancar komunikasi," ujar Ni Yuanpeng, Director, Service Department, Industrial Turbine Division, Shanghai Electric Power Generation Equipment Co., Ltd. Turbine Plant. "Kami telah melakukan berbagai peningkatan teknis dan menyediakan solusi transformasi, termasuk meningkatkan usia pakai peralatan, memperbarui sistem kendali, mengoptimalkan pengelolaan lingkungan hidup, serta memaksimalkan kapabilitas boiler co-firing. Seluruh hal tersebut berperan penting dalam peremajaan Pembangkit Listrik Ninh Binh."

Sebelum peremajaan ini, turbin-turbin telah melampaui usia pakai. Akibatnya, komponen internal mengalami kerusakan dan penuaan sehingga sulit mengevaluasi usia pakai yang tersisa dan kinerja setiap komponen. Apalagi, dokumentasi teknis dan data operasional sangat terbatas. Maka, Shanghai Electric harus menyusun perencanaan detail dan melakukan inspeksi lapangan sebelum proyek peremajaan dimulai. Peremajaan ini meningkatkan kapasitas setiap turbin, dan efisiensinya kembali optimal. Hasilnya, daya keluaran semakin maksimal, sedangkan stabilitas jaringan transmisi bertambah baik.

Peremajaan Pembangkit Listrik Ninh Binh, komponen penting dalam infrastruktur listrik di Vietnam Utara, sangat menentukan ketahanan energi dan pembangunan lingkungan-sosial Vietnam. Sebagai salah satu proyek unggulan dalam sejarah industri kelistrikan di Vietnam, fasilitas tersebut ikut mewadahi pelatihan banyak SDM yang ikut berkontribusi dalam pembangunan berbagai pembangkit listrik lain di seluruh Vietnam, termasuk Pembangkit Listrik Vinh Tan dan Quang Ninh, dua proyek penting lain yang digarap Shanghai Electric di negara ini. Ke depan, Pembangkit Listrik Ninh Binh siap menangkap peluang transformasi melalui sejumlah proyek berikutnya yang menjajaki renovasi hemat energi, pembaruan penting, serta boiler co-firing guna meningkatkan kinerja.

Informasi lebih lanjut tentang peralatan pembangkit listrik termal dan studi kasus dari Shanghai Electric tersedia di https://www.shanghai-electric.com/group_en/.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024