Jakarta (ANTARA) -
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengapresiasi kemajuan yang dicapai Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023, yakni Desa Ketapanrame di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
 
Pria yang akrab disapa Gus Halim itu mengaku dapat menyaksikan langsung sejumlah kemajuan yang dicapai oleh Desa Ketapanrame, seperti wahana di destinasi wisata yang semakin beragam.

Baca juga: Ubaya kembangkan Ketapanrame sebagai desa wisata edukasi
 
"Terjadi perubahan yang luar biasa jika dibandingkan ketika saya kunjungi desa ini sebelumnya. Ini tandanya ada perbaikan, itu namanya produktivitas," katanya saat mengunjungi Desa Ketapanrame sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Dalam kunjungannya itu, Gus Halim disambut oleh Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) Mojokerto Yudha Akbar Prabowo dan Kepala Desa Ketapanrame Zainul Arifin serta ratusan santriwati yang mengenakan baju pramuka.
 
Setelah itu, Gus Halim berkeliling desa melihat fasilitas yang ada di sana dan berdialog dengan para pengunjung desa wisata tersebut. Setelah berdialog dengan pengunjung yang hadir, kemudian Gus Halim mencoba wahana kereta sawah di wisata sawah Sumber Gempong.
 
Selanjutnya, Gus Halim memberikan makan ikan di kolam di sekitar kereta sawah. Ia kemudian diserbu oleh santriwati dan dimintai foto bersama.
 
Secara geografis, Desa Ketapanrame berada di antara dua pegunungan, yakni Gunung Penanggungan dan Welirang. Terdapat tiga dusun di desa tersebut, yaitu Dusun Ketapanrame, Dusun Sukorame, dan Dusun Slepi. Tidak hanya wisata alam, desa itu juga menawarkan wisata kreasi, budaya, hingga edukasi.

Baca juga: Disbudpar Jatim mempromosikan desa wisata lewat Festival Dewi Cemara

Baca juga: Kemendes instruksikan pendamping desa ajak desa ikut Lomba Desa Wisata
 
Wisata alam menjadi andalan Desa Ketapanrame. Setidaknya, ada tiga wisata alam andalan Desa Ketapanrame, yakni wisata Air Terjun Dlundung, Taman Ghanjaran dan Sumber Gempong.
 
Dalam kunjungannya itu, Gus Halim didampingi sejumlah pihak, di antaranya Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendes PDTT Luthfiyah Nurlaela, Sekretaris BPSDM Rosyid, Kepala Pusat Pemberdayaan Masyarakat Kemendes PDTT, Nursaid, dan Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa Kemendes PDTT, Helmiati.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024