Jakarta (ANTARA) - Film garapan Fede Alvarez “Alien: Romulus” meraup keuntungan besar pada debut box office-nya di luar negeri, dengan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan sebesar 66,7 juta dollar AS dengan awal di seluruh dunia sebesar 108,2 juta dollar AS.
 
Ditulis laman The Hollywood Reporter, Minggu (18/8), Romulus dari studio film 20th Century berhasil menarik minat para pria muda selain pria tua yang tumbuh besar dengan waralaba tersebut. Ini juga merupakan kemenangan lain bagi kerajaan film Disney, yang menyumbang 42 persen pendapatan box office musim panas, dan box office musim panas secara keseluruhan.
 
Film ini memperoleh skor kritikus baru sebesar 82 persen di Rotten Tomatoes, dan menerima CinemaScore terbaik yang mendekati waralaba tersebut, yaitu B+.
Film 20th Century dan Disney memuncaki tangga pendapatan akhir pekan domestik dengan 45,1 juta dollar AS, jauh di atas proyeksi debut di kisaran 20 juta dollar dan menjadi pembukaan terbaik kedua dari waralaba tersebut, tidak disesuaikan dengan inflasi.
 
Romulus juga mendapat hak membanggakan karena menjadi film yang akhirnya menggulingkan Deadpool & Wolverine dari Marvel Studios dari posisi teratas.
 
Seri kedelapan dari waralaba Alien yang telah lama berjalan ini berlatar antara peristiwa Alien tahun 1979 karya Ridley Scott dan sekuelnya tahun 1986 karya James Cameron, “Aliens”.

Film dengan rating R ini menceritakan kisah para kolonis muda yang menemukan stasiun luar angkasa yang terbengkalai dan menghadapi kengerian makhluk asing yang menjadi bintang abadi dari waralaba tersebut.
 
Film ini dibintangi oleh Cailee Spaeny, David Jonsson, Archie Renaux, Isabela Merced, dan Spike Fearn.
 
Romulus awalnya dijadwalkan untuk langsung ditayangkan di layanan streaming dan tayang perdana di Hulu milik Disney, tetapi studio beralih ke teater pada awal fotografi utama.
 
Sementara itu, “Deadpool & Wolverine” turun ke posisi nomor dua setelah merajai selama tiga minggu berturut-turut. Film ini telah memecahkan banyak rekor dalam perjalanannya hingga kini menduduki peringkat film dengan rating R terlaris sepanjang masa di box office global, tidak disesuaikan dengan inflasi.
 
Disutradarai oleh Shawn Levy dan dibintangi oleh Ryan Reynolds dan Hugh Jackman, “Deadpool & Wolverine” mencapai tonggak sejarah terbarunya pada tanggal 15 Agustus setelah melampaui Joker dan mengakhiri hari dengan perolehan global sebesar 1,086 miliar dollar AS.
 
 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024