“Sekali lagi saya ingin sampaikan, partai ini milik publik dan milik rakyat Indonesia. Partai ini milik seluruh anak negeri di Indonesia. Partai ini bukan milik Muhaimin, bukan milik NU. Bukan milik sekelompok orang, tetapi milik seluruh rakyat Indon
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (18/8) kemarin menjadi sorotan, mulai dari PDIP menghormati pilihan PPP dan Perindo mendukung KIM hingga PKB mendukung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Berikut rangkuman berita politik yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. PDIP hormati pilihan PPP dan Perindo gabung Koalisi Indonesia Maju

PDI Perjuangan (PDIP) menghormati pilihan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Perindo yang memutuskan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan mendukung pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Inilah indahnya politik, kita menghormati perbedaan-perbedaan di dalam posisi politiknya,” ucap Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto ditemui di Parkir Timur Senayan, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

2. PKB sebut sudah final bersama Gerindra dukung Ridwan Kamil di Jakarta

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) M. Hasanuddin Wahid mengatakan bahwa partainya sudah final bersama Partai Gerindra untuk mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

“Ya intinya kami bersama Gerindra dan semua partai yang mendukung calon dari Gerindra di Pilkada DKI,” kata Hasanuddin ditemui usai acara Serah Terima Dokumen B.1-KWK Pasangan Bakal Calon Pilkada 2024 dari PKB di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

3. Gerindra usung De Gadjah sebagai bakal cagub pada Pilkada Bali 2024

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mendeklarasikan Ketua DPD Partai Gerindra Bali Made Muliawan Arya (De Gadjah) sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Bali 2024.

"Pada hari ini, tanggal 18 Agustus, Ketua Harian DPP Gerindra men-declare (mendeklarasikan) Made Gajah Ketua Gerindra Bali sebagai calon gubernur dari Partai Gerindra untuk Provinsi Bali," kata Dasco, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

4. Muhaimin Iskandar: PKB bukan milik NU

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa partai yang ia pimpin milik seluruh masyarakat Indonesia, bukan milik individu atau kelompok tertentu, termasuk bukan milik Nahdlatul Ulama (NU).

“Sekali lagi saya ingin sampaikan, partai ini milik publik dan milik rakyat Indonesia. Partai ini milik seluruh anak negeri di Indonesia. Partai ini bukan milik Muhaimin, bukan milik NU. Bukan milik sekelompok orang, tetapi milik seluruh rakyat Indonesia,” ujar Muhaimin dalam sambutannya pada acara Serah Terima Dokumen B.1-KWK Pasangan Bakal Calon Pilkada 2024 dari PKB di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

5. Ridwan Kamil ungkap akan deklarasi Pilkada Jakarta pada Senin malam

Politisi Partai Golkar Ridwan Kamil mengungkapkan bakal mendeklarasikan maju di Pilkada Jakarta pada Senin (19/8) malam, setelah mendapatkan dukungan dari berbagai partai politik.

"Deklarasi kami akan dilakukan besok tanggal 19 jam 7 malam," kata Ridwan Kamil usai berkunjung ke Kantor DPP Perindo, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024