Pawai budaya ini bukan hanya sekadar hiburan, tapi juga sebagai bentuk pelestarian budaya yang menjadi jati diri bangsa kita
Tangerang (ANTARA) - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Benyamin Davnie mengatakan pawai budaya oleh warga Kecamatan Ciputat menjadi sarana edukasi bagi generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai warisan budaya bangsa.

“Pawai budaya ini bukan hanya sekadar hiburan, tapi juga sebagai bentuk pelestarian budaya yang menjadi jati diri bangsa kita. Saya sangat bangga melihat partisipasi masyarakat yang luar biasa, ini menunjukkan bahwa semangat kemerdekaan masih sangat hidup di hati kita semua,” kata Wali Kota Benyamin Davnie di Tangerang, Minggu.

Kecamatan Kecamatan Ciputat menggelar pawai budaya dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Ada ribuan warga turut serta menyaksikan berbagai atraksi budaya yang menggambarkan kekayaan tradisi Indonesia.

Baca juga: Pawai budaya meriahkan perayaan kemerdekaan di Perbatasan Natuna-Kepri

Pawai budaya ini menampilkan berbagai atraksi dari beragam komunitas dan sekolah yang ada di Ciputat, mulai dari tarian tradisional, kostum adat, hingga iringan musik khas daerah.

Anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, semuanya larut dalam euforia perayaan, menambah semarak suasana pawai yang berlangsung dengan sangat meriah.

Selain menampilkan keragaman budaya, pawai ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi warga Ciputat. Warga saling berinteraksi, berbagi cerita, dan tentunya memperkuat ikatan kekeluargaan di antara sesama warga.

Baca juga: Pawai yang Penuh Warna Rayakan Kemajemukan Etnis

“Kegiatan seperti ini sangat penting, terutama untuk generasi muda. Mereka bisa belajar dan memahami betapa kayanya budaya Indonesia. Ini juga membangkitkan rasa bangga terhadap identitas sebagai bangsa yang memiliki keberagaman budaya,” ucap Wali Kota Benyamin Davnie.

Dengan keberhasilan pawai budaya ini, kata dia, Kecamatan Ciputat berhasil menciptakan momen yang tak terlupakan bagi warga, sekaligus memperkokoh semangat persatuan dalam kebhinekaan yang selalu menjadi ciri khas Indonesia.

"Pawai ini pun diharapkan dapat terus menjadi tradisi tahunan yang dinanti-nantikan oleh seluruh lapisan masyarakat," ujar Benyamin Davnie.
 
Baca juga: Pemkab Bekasi melepas kirab kebangsaan tingkatkan nasionalisme

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024