Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal RI (KJRI) Sydney menyampaikan bahwa persatuan dan kesatuan Indonesia merupakan dasar yang kuat untuk menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.

“Bersama-sama kita bisa menjaga identitas budaya kita, sekaligus berkontribusi positif dalam komunitas internasional. Semangat kebersamaan ini adalah kekuatan utama kita,” kata Konjen Vedi Kurnia Buana dalam keterangan resmi KJRI Sydney yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dia juga mengatakan bahwa dia sangat bangga melihat semangat persatuan dan kesatuan yang kuat di kalangan masyarakat Indonesia di Sydney, Australia.

“Saya berharap, mereka semua dapat menjadi duta-duta bangsa Indonesia di mana pun mereka berada, menjadi contoh yang baik di masyarakat internasional,” tambahnya.

KJRI Sydney memperingati HUT RI ke-79 di Kensington Park pada Sabtu (17/8) yang dihadiri sekitar 800 orang dari berbagai latar belakang.

Acara dimulai dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih yang dipimpin oleh Konsul Jenderal RI di Sydney Vedi Kurnia Buana, serta melibatkan partisipasi aktif generasi muda Indonesia di Sydney.

Acara tersebut menjadi momen penting untuk memperkuat rasa kebersamaan dan kebanggaan nasional di kalangan WNI serta diaspora Indonesia di Australia.

Pihak KJRI menyebutkan bahwa Hari Kemerdekaan bukan hanya momen untuk mengenang perjuangan bangsa, tetapi juga momen untuk memperingati agar tetap bersatu, berkolaborasi dan membawa nama baik Indonesia di dunia internasional.

Walikota Randwick, Philipa Veitch, yang hadir sebagai tamu kehormatan dalam acara tersebut, menyampaikan apresiasinya saat melihat masyarakat Indonesia yang berkumpul bersama merayakan Hari Kemerdekaan dan mengikuti berbagai macam lomba.

“Saya sangat suka dengan komunitas Indonesia, mereka sangat ramah dan hangat,” kata Veitch.

Selain itu, Persatuan Pelajar Indonesia-Australia (PPIA) New South Wales menyelenggarakan lomba-lomba yang biasa diadakan pada Hari Kemerdekaan, seperti makan kerupuk, balap karung dan tarik tambang.

Para peserta juga disuguhi aneka kue-kue khas Nusantara seperti bacang ayam, kueku dan risoles selama acara berlangsung.

Baca juga: Konsulat Jenderal Guangzhou rayakan HUT RI di tengah guyuran hujan
Baca juga: WNI dan diaspora meriahkan HUT ke-79 RI di Frankfurt


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024