Jakarta (ANTARA) - Pembalap muda Indonesia Veda Ega Pratama meraih podium perdananya di Red Bull Rookies Cup 2024 setelah dirinya finis ketiga di race 2 seri kelima di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu.

Ini adalah finis tertinggi Veda setelah race 1 di Sirkuit Assen, Belanda akhir Juni lalu dimana saat itu dirinya finis posisi keempat dan berjarak 0,088 detik dari podium.

“Ya tentu saja saya sangat senang dengan podium pertama saya pada akhirnya. Ya, balapannya sangat sulit,” kata pembalap 15 tahun itu setelah balapan.

Setelah hasil kurang menguntungkan pada race 1 kemarin Sabtu (17/8) saat dirinya terjatuh pada lap terakhir, Veda yang pada seri ini memulai balapan dari posisi keempat, memulai balapan 16 lap pada race 2 dengan sangat baik.

Pada lap pertama, ia menghuni posisi ketiga di bawah Valentin Perrone dan Alvaro Carpe.

Memasuki lap kedua, ia lalu kembali ke posisi keempat sebelum kemudian turun ke posisi keenam pada lap keempat.

Pembalap 15 tahun itu lalu kehilangan jarak dengan lima pembalap barisan depan yang diisi Carpe, Brian Uriarte, Perrone, Maximo Quiles, dan Rico Salmela pada lap-lap selanjutnya setelah ia melaju seorang diri di posisi keenam.

Meski demikian, Veda masih terus menjaga jarak dengan lima pembalap di depannya dan pada akhirnya kembali mendekat pada lap kesembilan.

Dua lap kemudian, ia berhasil menempati posisi kelima setelah menyalip Uriarte.

Ia terus memacu gasnya untuk mendapatkan posisi finis tertinggi di Red Bull Ring.

Pada dua lap tersisa, ia berhasil masuk empat besar dan pada akhirnya, usaha tak kenal hentinya membuahkan hasil pada tikungan terakhir sebelum memasuki garis finis.

Dengan kecepatan dan teknik tinggi, ia berhasil menyalip Perrone di tikungan terakhir untuk mendapatkan podium pertamanya di Red Bull Rookies Cup.

Ia menyentuh garis finis dengan keunggulan 0,083 detik dari Perrone sebelum kemudian pembalap asal Argentina itu dihukum untuk turun ke posisi kelima dan posisi keempat diambil alih oleh pembalap Italia Guido Pini.

Baca juga: Veda Ega senang startP4 di Red Bull Ring

Sementara itu, di atas Veda ada Quiles di posisi kedua dan juga Carpe yang memenangi balapan keduanya di Red Bull Ring.

Podium ketiga di Red Bull Ring ini membuat Veda mendapatkan 16 poin dan membuat total poinnya menjadi 77 poin di posisi kedelapan, selisih 10 poin dari pembalap Malaysia Hakim Danish di posisi ketujuh.

Carpe yang memenangi balapan tetap berada di posisi pertama dengan 177 poin, diikuti Uriarte dengan 153 poin, dan Quiles dengan 146 poin.

Seri keenam Red Bull Rookies Cup akan digelar dua pekan lagi di Sirkuit Aragon, Spanyol pada 31 Agustus dan 1 September.

Baca juga: Veda Ega Pratama akhiri seri Assen Belanda di posisi tujuh

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024