Kami sebagai operator Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (BTB), HKA berusaha mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan masyarakat di bidang pengembangan ekonomi khususnya melalui UMK
Bandarlampung (ANTARA) - PT Hakaaston (HKA), anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero), memberikan bantuan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) ke perajin kain tapis khas Lampung.

"Kami sebagai operator Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (BTB), HKA berusaha mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan masyarakat di bidang pengembangan ekonomi khususnya melalui UMK," kata Direktur Utama HKA Aries Dewantoro, dalam keterangannya di Bandarlampung, Minggu.

Pada HUT Ke-79 RI pihaknya mengapresiasi sebuah UMK yang memproduksi kain khas Lampung dengan memberikan sarana prasarana promosi mereka

Menurut dia, program TJSL HKA peduli kreativitas UMK ini dapat menjadi motivasi bagi mereka untuk memproduksi dan memperkenalkan kain khas di wilayah Lampung tersebut.

“Ya, pakaian yang saya kenakan dan sejumlah petugas pada upacara HUT RI lalu merupakan kain tapis yang memiliki nilai kebudayaan dan sejarah kuat di bumi Lampung ini, kami berusaha memperkenalkannya agar masyarakat khususnya di Lampung ini lebih mencintai produk lokal sehingga dapat meningkatkan perekonomian UMK lokal,” kata Aries.

Tidak hanya memberikan bantuan sarana prasarana penjualan berupa manekin dan etalase, HKA juga mengajak UMK Kain Tapis Khaja Muda asal Desa Pasuruan, Kecamatan Panengahan Lampung Selatan ini untuk bekerjasama dengan memproduksi merchandise tol BTB dan selanjutnya di pasarkan lokasi rest area.

"Kami akan bekerja sama dengan rumah produksi Khaja Muda untuk membuat merchandise tol BTB bernuansa kain tapis untuk kemudian dipasarkan di rest area," katanya.

Sementara itu, Khaja Muda sebagai perajin kain tapis yang juga hadir menerima bantuan mengatakan, mengapresiasi dan berterima kasih kepada HKA yang telah peduli terhadap perajin UMK lokal.

Khaja berharap produk kain tapis produksinya dapat lebih dikenal oleh masyarakat.

"Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada HKA yang telah memberikan bantuannya yang sangat bermanfaat bagi kami untuk lebih memperkenalkan produk kain tapis sehingga kami berharap dapat meningkatkan produksi dan penjualan," tambahnya.

Kami sebagai operator Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (BTB), HKA berusaha mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan masyarakat di bidang pengembangan ekonomi khususnya melalui UMK

Baca juga: Pertama di Indonesia, Lampung miliki aplikasi produk UMKM Dekranasda
 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024