Jakarta (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengusung Wali Kota Medan Bobby Nasution di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara 2024 dengan diserahkannya dokumen B.1-KWK oleh Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar di Jakarta, Minggu.

Selain Bobby Nasution, PKB juga menyerahkan dokumen tersebut kepada 197 bakal calon kepala daerah lainnya, baik untuk tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota.

“Hari ini puncak dari proses internal, yang itu artinya tuntas keinginan DPC, keinginan DPW provinsi, dan hasil analisis dari DPP. Jadi, mekanisme PKB itu memang dimulai dari bawah, ya, sehingga proses dan proses ini agak lama karena memang aspirasi dari semua pihak digabung,” ujar Muhaimin ditemui usai acara tersebut.

Dalam sambutannya, Muhaimin setidaknya menyampaikan tiga pesan kepada para bakal calon kepala daerah. Pertama, ia meminta kepala daerah dari PKB jika nantinya terpilih untuk terus istikamah dan konsisten pada spirit kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

“Seluruh pikiran, gagasan, tenaga, upaya fokus pada perwujudan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat,” ucapnya.

Kedua, Muhaimin mengingatkan bahwa PKB dikenal dengan nilai dan etika ajaran agama. Spirit keagamaan, kata dia, harus menjadi landasan di setiap pengambilan keputusan oleh para kepala daerah yang diusung PKB.

“Sehingga kalau sudah etika yang menjadi tumpuannya, insyaallah kita yakin dan optimis seluruh kepala daerah PKB akan konsisten dengan seluruh cita-cita yang menjadi mandatnya,” kata dia.

Ketiga, Muhaimin berpesan agar calon kepala daerah itu tunduk kepada konstitusi karena PKB lahir dari perjuangan perintis pendiri bangsa. “Seluruh elite PKB, seluruh kepala daerah PKB, di dada dan di pikirannya, setiap langkahnya, harus merujuk kepada konstitusi,” ucapnya.

Terpisah, Bobby mengatakan bahwa ia telah mencatat pesan Muhaimin. Ia menyebut setidaknya telah mendapatkan dukungan dari delapan partai politik.

“Tadi beliau (Muhaimin) sudah menyampaikan pidatonya, sudah kita catat, sudah kita ingat pesan-pesan beliau untuk membangun di tingkat daerah,” katanya.

Selain itu, menantu Presiden Joko Widodo itu juga mengaku siap untuk beradu gagasan dengan siapa pun lawannya di Pilkada Sumatera Utara nanti, termasuk Edy Rahmayadi yang diusung oleh PDI Perjuangan.

“Insyaallah,” ucap Bobby.

Baca juga: Muhaimin: PKB sudah berkoalisi dengan Gerindra
Baca juga: Edy Rahmayadi tegaskan tak ada tekanan lawan Bobby pada Pilkada Sumut

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024