Bertepatan peringatan Hari Proklamasi RI, PLN UIW MMU meresmikan penyalaan PLTD Kilmury sebagai kado Istimewa bagi tiga desa tersebut. Kemudahan akses listrik adalah mimpi masyarakat di desa-desa ini sejak lama
Ambon (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) meresmikan penyalaan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Kilmury di Kecamatan Kilmury, Seram Bagian Timur (SBT), sebagai upaya hadirkan listrik bagi Warga di daerah 3T. Peresmian PLTD Kilmury di Kecamatan Kilmury, Seram Bagian Timur (SBT), di momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI, dalam mewujudkan program Listrik Desa (Lisdes) di wilayah 3T, kata General Manajer PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula, di Ambon, Minggu.

ia mengatakan, penyalaan PLTD Kilmury menjadi kado HUT ke-79 RI bagi masyarakat di tiga desa, yakni Desa Kilmury, Kilbon Tewa dan Desa Kilbon Kway.

“Bertepatan peringatan Hari Proklamasi RI, PLN UIW MMU meresmikan penyalaan PLTD Kilmury sebagai kado Istimewa bagi tiga desa tersebut. Kemudahan akses listrik adalah mimpi masyarakat di desa-desa ini sejak lama,“ katanya.

Kehadiran akses layanan kelistrikan, katanya, sejalan dengan komitmen PLN untuk menghadirkan energi yang berkeadilan hingga ke pelosok wilayah kerja Maluku dan Maluku Utara.

Ia menyatakan, PLTD Kilmury dengan Daya Mampu 200 kilo Watt (kW) akan memberikan layanan listrik selama enam jam dalam sehari.

Masyarakat yang mayoritas keseharian bekerja sebagai nelayan dan petani di ketiga desa tersebut diharapkan mampu mengoptimalkan penggunaan listrik untuk kesejahteraan.

“Listrik sebagai kebutuhan dasar ini bisa dioptimalkan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat. Entah itu di bidang pendidikan, ekonomi, dan kemajuan lainnya. Kami berharap masyarakat bisa menggunakan akses listrik ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Awat menjelaskan, bukan hal yang mudah membangun infrastruktur yang merupakan salah satu kunci keterhubungan.

Tantangan letak geografis, terutama kedua provinsi, baik Maluku dan Maluku Utara memiliki ciri khas daerah kepulauan. Cuaca buruk dan tak menentu di sepanjang 2024 juga tak bisa dihindari.

“Atas sinergi berbagai pihak, termasuk masyarakat lokal semuanya bisa terwujud juga. Mimpi dan antusias masyarakat turut membantu petugas dan PLN UIW MMU mampu mewujudkan mimpi bersama ini,” ujarnya.

Saat ini telah ada sekitar 300 pelanggan yang sudah bisa menikmati listrik PLTD Kilmury. Ke depan jumlah pelanggan akan terus meningkat.

Baca juga: PLN UP3 Sofifi sambung daya 197.000 ke industri
Baca juga: PLN UIW MMU-PPAD monitoring program rehabilitasi lahan kritis


Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024