Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara kejuaraan balap motocross Trial Game Dirt, 76Rider siap menggelar seri ketiga tahun 2024 pada 23-24 Agustus mendatang di Sirkuit Lapangan Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Yogyakarta.

"Seri ketiga ini akan menjadi momentum bagi para rider untuk memutus dominasi yang dikuasai pembalap Tim Rizqy," ujar perwakilan 76Rider Agnes Wuisan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Tim Rizqy saat ini mendominasi klasemen sementara Trial Game Dirt melalui pembalap Lantian Juan yang memimpin kelas FFA, dengan total 47 poin. Sedangkan, posisi kedua dan ditempati M. Zidane bersama M.Excel membuntuti di posisi kedua dan ketiga yang sama-sama mengantongi 38 poin.

Sementara posisi keempat dan kelima ditempati Ivan Harry Nugroho 36 poin dan pembalap muda Ananda Rigi dengan 35 poin.

Di kelas utama lainnya, campuran open, Lantian Juan juga masih teratas dengan total 45 poin, terpaut tipis ada M. Zidane dengan 43 poin dan Ivan Harry Nugroho dengan 40 poin. Sementara itu, posisi keempat dan kelima diisi pembalap muda Ananda Rigi 38 poin dan M. Excel 35 poin.

Agnes mengatakan, kejuaraan seri ketiga bakal menghadirkan persaingan sengit para pembalap yang ingin mengantongi poin maksimal untuk perebutan gelar juara umum pada seri pamungkas.

"Melihat daya juang dari para kroser sejak seri pertama di Semarang dan kedua di Sidoarjo maka seri ketiga di Yogyakarta ini pastinya bakal makin ketat dan kompetitif," ujarnya.

Ia menambahkan, ajang ini akan menjadi tontonan menarik buat para penggemar motocross dan grasstrack di Yogyakarta. "Kami harapkan semua pembalap bisa tampil maksimal di lintasan nanti," ungkap.

Sementara itu, kroser Ananda Rigi mulai menebar kepada para seniornya. Debutan dari RMS H. Koder Racing Team ini memang tampil cukup gemilang di dua seri sebelumnya.

Pada seri ketiga kali ini, pembalap muda yang juga sedang menempuh pendidikan kedokteran ini mengaku optimistis bisa naik podium dan meraih poin maksimal.

"Meskipun ini pertama kali saya ikut Trial Game Dirt, tapi saya tertarik untuk mengikuti setiap serinya, termasuk nanti di seri Yogya. Target saya adalah bisa naik podium di setiap seri. Jika diizinkan oleh Allah mudah-mudahan bisa juara umum atau minimal lima besar," ujarnya.

Ia mengatakan, terus meningkatkan intensitas latihan menjelang balapan karena persaingan sangat ketat.

"Saya harus melawan para rider top level seperti Lantian Juan, M. Excel, dan Ivan Harry Nugroho. Jadi meskipun sambil menjalani koas, saya berusaha tetap fokus dan menyempatkan untuk latihan fisik maupun teknik," ujarnya.

Direktur Genta Auto & Sport Mariachi Gunawa selaku promotor menjelaskan bahwa antusiasme yang cukup besar dari masyarakat juga menjadikan Kota Pelajar ini sebagai titik ketiga penyelenggaraan Trial Game Dirt 2024.

"Wilayah Yogyakarta dan sekitarnya banyak melahirkan kroser-kroser berprestasi di tingkat nasional, baik grasstrack, motocross, maupun adventure. Ini juga yang jadi pertimbangan lokasi seri ketiga di Yogyakarta.

Ia berharap, nantinya talenta-talenta lokal ini juga akan turun di tiap kelas yang dilombakan di Trial Game Dirt 2024.

Bukan cuma seru di lintasan, gelaran Trial Game Dirt 2024 yang mengusung konsep sportainment juga bakal dipenuhi berbagai keseruan lainnya di luar lintasan. Mulai dari hiburan performa band musik hingga penampilan BMX feestyle.

Setelah Semarang (5-6 Juli), Sidoarjo (26-27 Juli), dan Yogyakarta (23-24 Agustus), rangkaian Trial Game Dirt 2024 akan dilanjutkan ke Solo (27-28 September) dan seri pamungkas di Malang (11-12 Oktober).

Para kroser akan mengumpulkan poin dari seri pertama hingga kelima untuk mendapatkan gelar juara umum Trial Game Dirt 2024.

Baca juga: Trial Game Dirt 2024 segera dimulai di Semarang pada Juli mendatang
Baca juga: Lantian Juan juara umum kejuaraan motocross Trial Game Dirt 2023

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024