Banjarbaru (ANTARA) - Atraksi Jupiter Aerobatic Team (JAT) dengan menampilkan beberapa manuver pesawat berhasil memukau masyarakat Kalimantan Selatan yang hadir menyaksikan Open Base di Apron Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sjamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Minggu.

"Senang bisa menyaksikan langsung kehebatan pilot pesawat Jupiter Aerobatic Team yang bermanuver di udara," ucap Sahlani, warga Banjarmasin yang datang bersama keluarga ditemui di Apron Lanud Sjamsudin Noor.

Ribuan orang memadati Apron Lanud Sjamsudin Noor untuk melihat lebih dekat pesawat andalan TNI AU yang tergabung dalam tim aerobatik itu.

Bahkan, di sepanjang Jalan Ahmad Yani tepatnya depan pagar pembatas Bandara Syamsudin Noor berjejer kendaraan masyarakat yang terparkir untuk berhenti sejenak menyaksikan atraksi dari JAT di atas udara Kota Banjarbaru.

Baca juga: TNI AU tampilkan atraksi pesawat tempur F16

Sebelum tiba di Lanud Sjamsudin Noor, JAT juga melaksanakan flypast di atas salah satu ikon Kalimantan Selatan yaitu Jembatan Barito di Kabupaten Barito Kuala.

Selain JAT, Open Base juga dimeriahkan dengan flypast C-130 J Super Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, dynamic show dari dua pesawat Trike, aeromodeling, dan drone.

Static Show juga turut digelar dengan menampilkan Pesawat KT-1B Wong Bee JAT dan CN-295 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, di mana masyarakat dapat melihat pesawat tersebut dari dekat untuk berfoto.

Baca juga: Pesawat TNI AU terus berlatih manuver di langit IKN

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Sri Raharjo mengatakan Open Base diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Ke-79 Republik Indonesia dan menanamkan rasa cinta kedirgantaraan kepada masyarakat Kalimantan Selatan.

"Antusiasme masyarakat sangat besar apalagi sudah lebih dari 10 tahun JAT tidak hadir di Kalsel, kami senang bisa membuat masyarakat terhibur," katanya.

JAT singgah di Lanud Sjamsudin Noor setelah tampil pada perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Baca juga: Pangkoopsud II periksa kesiapan TNI AU untuk demo udara di IKN

Selanjutnya JAT yang dipimpin Letkol Pnb Idam Satria melanjutkan perjalanannya kembali ke Lanud Adisutjipto Yogyakarta.
Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Sri Raharjo bersama tim Jupiter Aerobatic Team yang disambut Adi Santoso selaku Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Setdaprov Kalsel mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024