Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan kehadiran konstitusi harus dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan pemerintahan yang menjamin perlindungan terhadap hak asasi manusia (HAM) dan hak-hak warga negara.

"Konstitusi adalah hierarki tertinggi dalam peraturan perundang-undangan untuk menjaga nilai-nilai hukum, keadilan, kebebasan, dan kesetaraan dalam berdemokrasi," kata Wapres dalam sambutannya pada peringatan Hari Konstitusi dan HUT Ke-79 MPR RI dipantau secara daring di Jakarta, Minggu.

Wapres mengatakan hari konstitusi yang diperingati setiap tahun menjadi momen penghormatan setinggi-tingginya pada para pendiri bangsa atau the founding fathers yang telah merumuskan dasar-dasar konstitusi sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam perjalanan sebuah bangsa, lanjut Wapres, kita telah melewati berbagai ujian dalam berkonstitusi, ujian kepatuhan, dan ketaatan dalam berkonstitusi.

"Oleh karena itu, ke depan kita wajib menjaga ketahanan berkonstitusi sekaligus memastikan agar konstitusi kita tetap responsif menghadapi dinamika sosial, politik, dan ekonomi," ujar Wapres.

Ia juga menekankan bahwa konstitusi harus mampu menjawab tantangan masa depan, menjadi jembatan antara cita-cita dan realitas serta jembatan antara harapan dan kenyataan.

"Konstitusi juga harus menciptakan arah baru dengan semangat inovasi keadilan dan membuka ruang partisipasi yang lebih luas bagi seluruh elemen masyarakat," ucap Wapres.

Dalam sambutannya, Wapres juga mengatakan bahwa kita patut bersyukur pelaksanaan Pemilu 2024 telah terselenggara dengan baik. Selanjutnya, akan dilaksanakan Pilkada Serentak pada 27 November 2024.

"Saya berpesan pada kita semua agar dapat membantu kesuksesan pilkada serentak di wilayahnya masing-masing, junjung tinggi konstitusi dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun ini dengan terus menjaga prinsip-prinsip demokrasi, mencegah dan menindak tegas praktik kecurangan serta mengedepankan kestabilan dan keamanan," sebut Wapres.

Baca juga: Wapres harap Prabowo-Gibran bawa Indonesia lebih baik lagi
Baca juga: Wapres Ma'ruf sebut Upacara HUT Ke-79 RI berjalan lancar

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024