Denpasar (ANTARA) - Sejumlah seniman yang tergabung dalam Tim Sri Melanting Art dari Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, menyatakan bangga terlibat dalam perancangan dekorasi mimbar kehormatan pada perayaan HUT Ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Kami bangga dan merasa sangat terhormat bisa menjadi bagian dari perayaan HUT Ke-79 RI di IKN," kata Anak Agung Gde Raka Yudhi Pratama selaku Ketua Tim Sri Melanting Art dikonfirmasi dari Denpasar, Minggu.

Menurut dia, dengan mendekorasi mimbar kehormatan tersebut menjadi peluang besar untuk menunjukkan bahwa seni tradisional Bali memiliki tempat yang penting dalam perayaan nasional.

Baca juga: Lagu Puspa Warni dan Tarian Natana Borneo meriahkan upacara di IKN

"Kami berharap karya kami dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk terus berkarya dan mencintai budaya Indonesia," ujar Yudhi Pratama.

Ia menjelaskan, karya dekorasi yang ditampilkan yakni memadukan kearifan lokal Bali dengan semangat nasionalisme, sehingga dekorasi yang diciptakan tidak hanya indah dipandang, tetapi juga sarat makna, menggugah rasa bangga akan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia.

"Kami sangat antusias dan bangga bisa ikut berkontribusi mendekorasi di IKN dalam peringatan HUT Ke-79 RI," ucapnya.

Baca juga: Persembahan lagu-lagu sambut tamu undangan di Istana IKN

Karya Sri Melanting Art sebelumnya juga telah menghiasi berbagai acara besar, mulai dari ritual piodalan hingga kegiatan internasional seperti KTT G20. Bahkan, karya mereka di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebelumnya telah mencuri perhatian banyak pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri.

Tidak hanya tim dari Sri Melanting Art yang berkontribusi dalam perayaan HUT Ke-79 RI, sebanyak 15 seniman muda Bali dari Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, juga terlibat membuat penjor dan hiasan lainnya.

Mereka mengembangkan desain yang diberikan oleh pihak istana, menjadikannya sebuah karya seni yang memukau dan penuh dengan nuansa Bali.

Baca juga: TNI AU tampilkan atraksi pesawat tempur F16

Partisipasi para seniman muda Bali, lanjut dia, tidak hanya memperindah perayaan HUT RI di IKN, tetapi juga memperlihatkan potensi besar generasi muda Indonesia dalam memperkaya identitas budaya bangsa. Dengan karya tersebut juga menjadi bukti bahwa semangat kebangsaan dan cinta tanah air bisa diwujudkan melalui seni.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024