Jakarta (ANTARA) -
Rangkaian Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2024 berakhir setelah lima tim dari lima kategori berhasil menjadi juara untuk Regional Jawa, yang diselenggarakan di Citos Cilandak, Jakarta Selatan, Jakarta, Minggu.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Direktur PT Supersport Sensation (SSS) Internasional Azwan Karim selaku penyelenggara kegiatan yang bekerja sama dengan Bank Mandiri membeberkan, tujuan dilaksanakannya turnamen itu adalah untuk memfasilitasi atlet, agar mudah terpantau oleh Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), guna membangun kekuatan bola basket 3X3 pada masa depan.

"Ke depan kami ingin menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Perbasi dalam pengembangan talenta 3x3, karena sebagaimana diketahui, setiap tahun kami melakukan inovasi, baik itu dari sisi format maupun kelompok umur," kata Azwan.

Lebih lanjut dia membeberkan, terkait peserta untuk kelompok umur, penyelenggara juga terus menambah kategori tersebut setiap tahunnya, sesuai saran dari Perbasi, sehingga akan semakin mudah untuk menjaring bibit-bibit atlet 3X3 potensial.

Ia menambahkan, turnamen tahun ini dilaksanakan di tiga pulau atau regional berbeda, yaitu Sumatera di Kota Medan, Sumatera Utara. Kemudian ada Sulawesi, yang digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan terakhir di Pulau Jawa, yang meliputi wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Kelompok Umur (KU) 12 di Medan, Makassar, dan Jawa banyak pesertanya, sehingga membuat kami happy dan yakin tentang regenerasi," ujar dia.

Azwan berharap, turnamen ini juga bisa menjadi wadah bagi para pencari bakat untuk menjaring pemain-pemain andal dari setiap sejumlah wilayah di Indonesia.

Sementara itu, Regional Jawa berhasil dijuarai oleh tim The Bees dari kategori KU12 Mix, setelah mengalahkan Fantastic 4 di final dengan skor 12-10.

Kemudian, dalam KU15 Putra, tim Harsh jadi yang terbaik setelah mengandaskan perlawanan Burung Petarung, dengan skor 11-8. Lalu, KU18 Putra tim Labroony berhasil keluar menjadi jawara setelah mengalahkan tim Gorillaz A melalui babak overtime 10-9.

Selanjutnya, untuk KU23 Putri, tim JKT Can dengan meyakinkan merebut juara setelah menundukkan perlawanan Deru Aspal 16-4.

Adapun dari KU23 Putra, Berns Basketball 3 jadi yang terbaik usai membungkam USM B dengan kedudukan 16-13.

Babak Final Regional Jawa Mandiri 3X3 Indonesia Tournament berlangsung meriah. Antusiasme penonton yang memberikan dukungan membuat suasana menjadi meriah.

Baca juga: 20 tim siap bersaing di Final Turnamen 3X3 Regional Jawa 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024