Jakarta (ANTARA) - Yayasan BUMN mengumumkan 20 wirausaha sosial peraih bantuan dana melalui program "Pikiran Terbaik Negeri", yang terpilih dari 1.000 pendaftar dan terkurasi berdasarkan ide serta dampak terhadap lingkungan, kesehatan ibu dan anak, dan kesehatan mental.

"Upaya mengatasi persoalan itu didasari atas gagasan program Yayasan BUMN, meliputi penelitian, penggalangan dana hibah, hingga melahirkan gagasan-gagasan terbaik bagi negeri," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir saat menghadiri acara peresmian ulang Yayasan BUMN.

Keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu, menyebutkan 20 wirausaha yang terpilih masuk program "Pikiran Terbaik Negeri" adalah Ikanesia, Nexmedis, Gede Jamur, ehealth.co.id, BIKI, Olat Maras Power, PT Kulaku Indonesia Sejahtera, BenihBaik.com, Fairatmos, Riliv, Yayasan Insan Teman Langit, Psikologimu, Greenlabs: PT Inovasi Hijau Indonesia, Semesta Retail Services, Jokeen Energy, Recycling Village, Arconesia, Rezycology, Bell Living Lab, dan Indonesian Prenatal Institute.

Baca juga: Yayasan BUMN luncurkan kompetisi inovasi sosial berhadiah Rp3 miliar

Dalam tahap selanjutnya, 20 wirausaha sosial terpilih akan menjalani tahap bootcamp yang didampingi dan dimentori oleh para ahli pada bidangnya untuk mempersiapkan presentasi proyek inovatif mereka kepada para juri. Setelah itu, mereka juga akan memaparkan inovasi pada puncak acara Grand Final Pitching "Pikiran Terbaik Negeri" pada 25 Agustus 2024 di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Yayasan BUMN mengundang ribuan tamu, termasuk serta Menteri BUMN, pimpinan BUMN, ventures capital, dan juga para impact makers untuk dapat menghadiri acara itu.

Tidak hanya itu, 20 wirausaha sosial terpilih akan menerima dukungan penuh dari Yayasan BUMN, termasuk bantuan dana, grant (hibah), serta kesempatan mengikuti bootcamp lanjutan dan akselerasi program yang dirancang khusus untuk membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan guna mewujudkan proyek-proyeknya. Setelah mengikuti program "Pikiran Terbaik Negeri", mereka diharapkan dapat melipatgandakan dampak demi membangun jiwa, raga dan alam Indonesia.

"Kami sangat terinspirasi oleh semangat dan inovasi yang ditunjukkan oleh para peserta," ujar Chief Program & Operation Yayasan BUMN Maya Lestar.

"Ini adalah bukti nyata bahwa masyarakat Indonesia berlomba-lomba untuk menciptakan perubahan positif dengan inovasi yang beragam. Kami yakin, 20 wirausaha sosial terpilih akan membawa dampak besar dan berarti bagi Indonesia," kata Maya.

Untuk seluruh masyarakat yang ingin menyaksikan momen istimewa ini, pendaftaran untuk menghadiri Grand Final Pitching pada 25 Agustus 2024 telah dibuka melalui situs resmi Yayasan BUMN di www.yayasanbumn.org.

Acara tersebut tidak hanya menampilkan para wirausaha sosial terbaik negeri yang akan mempresentasikan inovasi mereka, namun, juga akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan dan penampilan yang menarik, talkshow tentang kesehatan dan lingkungan bersama tamu spesial, pertunjukan musik yang juga spesial, speed dating dengan para investor, booth interaktif, kesempatan berjejaring dengan komunitas, NGO, investor dan tamu undangan lainnya.

Acara final itu juga menampilkan ide dan produk-produk unggulan dari para Inovator sosial serta berbagai macam doorprize spesial.

Baca juga: Yayasan BUMN dorong inovasi sosial lewat Pikiran Terbaik Negeri

Baca juga: Yayasan BUMN tawarkan hibah Rp3 miliar pacu "Pikiran Terbaik Negeri"

​​​​​​​
Baca juga: Erick: Kiprah sosial era pandemi bekal Yayasan BUMN bertransformasi

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024