Jakarta (ANTARA) - Warga Negara Indonesia (WNI) dan diaspora Indonesia meramaikan penyelenggaraan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Wisma Konsul Jenderal, Sabtu, (17/8).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Konsul Jenderal RI Antonius Yudi Triantoro, sementara komandan upacara dipegang oleh Mayor Laut (P) Ardi Pradana yang merupakan anggota TNI-AL yang sedang menempuh studi di kota Hürth.

Konsul Jenderal juga memberikan piagam penghargaan kepada dua orang WNI dan diaspora Indonesia atas komitmen, kerja sama, dan dedikasi dalam upaya pemajuan kebudayaan Indonesia di wilayah kerja KJRI Frankfurt. Selain itu, Konsul Jenderal juga memberikan penghargaan kepada delapan orang anggota Paskibra KJRI Frankfurt tahun 2024, dan tiga orang pegawai KJRI Frankfurt berkinerja terbaik.
Konsul Jenderal memberikan piagam penghargaan kepada dua orang WNI dan diaspora Indonesia atas komitmen, kerja sama, dan dedikasi dalam upaya pemajuan kebudayaan Indonesia di wilayah kerja KJRI Frankfurt, Sabtu, (17/8). (ANTARA/HO/Bidpensosbud KJRI Frankfurt)
Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (18/8), Konsul Jenderal menyampaikan garis besar capaian kinerja utama KJRI Frankfurt dalam satu tahun terakhir yang tidak lepas dari peran serta warga negara dan diaspora Indonesia.

"Pada bidang diplomasi ekonomi, KJRI Frankfurt telah memfasilitasi partisipasi perusahaan Indonesia pada berbagai pameran dagang internasional dan kesepakatan bisnis, serta menyelenggarakan forum bisnis untuk mendorong ekspor Indonesia ke Jerman dan menarik investor dari Jerman ke Indonesia," kata Antonius.

Antonius menambahkan, pada bidang diplomasi budaya, KJRI Frankfurt telah memberikan dukungan penuh untuk aktivitas promosi budaya oleh kelompok-kelompok masyarakat Indonesia di berbagai kota, salah satunya Indonesia Culture and Art Festival 2024 yang baru saja selesai diselenggarakan di Frankfurt atas kerja sama KJRI Frankfurt dengan organisasi Merah Putih Sejati (Merpati) e.V.
Warga Negara Indonesia (WNI) dan diaspora Indonesia meramaikan penyelenggaraan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Wisma Konsul Jenderal, Sabtu, (17/8). (ANTARA/HO/Bidpensosbud KJRI Frankfurt)
"Pada bidang pelayanan publik, KJRI Frankfurt telah merespon tren meningkatnya kebutuhan pelayanan publik menyusul peningkatan jumlah WNI yang cukup tinggi khususnya dalam dua tahun terakhir, yakni dengan memperpanjang jam buka loket pelayanan, menambah kuota layanan paspor, membuka kanal komunikasi Whatsapp, serta secara simultan juga mempersingkat waktu proses penerbitan dokumen," ujar Antonius.

Konsul Jenderal juga menyampaikan intisari Pidato Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, bahwa Indonesia dalam 10 tahun terakhir telah berhasil menurunkan tingkat kemiskinan, menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi, dan mengendalikan tingkat inflasi.

Kegiatan upacara dihadiri oleh seluruh aparatur sipil negara, pegawai setempat, perwira menengah TNI yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Bersenjata Jerman, serta warga negara Indonesia dan diaspora Indonesia yang datang dari berbagai kota di wilayah kerja KJRI Frankfurt.

Sementara itu, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) KJRI Frankfurt tahun 2024 terdiri atas delapan orang putra-putri Indonesia yang berdomisili di kota-kota Eltville, Frankfurt, Friedberg, Karlsruhe, dan Mannheim.

Setelah upacara pengibaran bendera merah putih, peringatan HUT ke-79 RI di Frankfurt dilanjutkan dengan rangkaian acara pemotongan tumpeng, penganugerahan penghargaan kepada WNI dan diaspora, penyerahan hadiah kepada pemenang lomba-lomba HUT Kemerdekaan RI, panggung gembira, bazar kuliner khas nusantara, dan pengundian tombola.
Panggung gembira menampilkan grup musik, vokal, dan tarian dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Wisma Konsul Jenderal, Sabtu, (17/8). (ANTARA/HO/Bidpensosbud KJRI Frankfurt)
Seluruh dana yang terkumpul dari penjualan tiket tombola akan disumbangkan kepada Palang Merah Indonesia. Pesan dari acara tombola adalah di balik perayaan dan kegembiraan, WNI di luar negeri tetap menjaga solidaritas dengan sesama bangsa Indonesia. Hadiah tombola disediakan oleh sponsor yang terdiri atas BUMN, pebisnis Indonesia di Jerman, dan organisasi kemasyarakatan Indonesia di Jerman, serta telah sepenuhnya disalurkan langsung kepada para pemenang undian.

Panggung gembira dimeriahkan dengan belasan penampilan musik, vokal, dan tarian, antara lain grup musik angklung binaan KJRI Frankfurt, grup tari Iramanda, grup tari Pesona Indonesia and Friends, grup tari Cakra Buana, dan mahasiswa Indonesia program Cologne International Summer School.

Dari seluruh rangkaian acara, terhitung terdapat lebih dari 1.200 orang WNI dan diaspora yang berpartisipasi. Saat ini, terdapat lebih dari 17 ribu orang WNI berada di wilayah kerja KJRI Frankfurt yang sebagian besar tengah menempuh studi, bekerja, atau mendampingi pasangan.

KJRI Frankfurt memiliki wilayah kerja yang terdiri atas enam negara bagian di Jerman, yaitu Hessen, Baden-Württemberg, Bayern, Nordrhein-Westfalen, Rheinland-Pfalz, dan Saarland dengan luas lebih dari separuh total wilayah Jerman.

Baca juga: KBRI Kairo: Upacara HUT ke-79 RI momentum lebih dekat WNI di Mesir
Baca juga: WNI di Tokyo antusias peringati HUT Kemerdekaan ke-79 RI
Baca juga: KBRI Beijing gelar upacara HUT RI bersama sekitar 300 WNI
Baca juga: WNI di Ethiopia sebut upacara HUT ke-79 RI eratkan persatuan


 

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024