Beijing (ANTARA) - Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China dan Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional China (National Administration of Traditional Chinese Medicine/NATCM) meluncurkan sebuah kampanye untuk periode 2024-2027, yang bertujuan untuk meningkatkan layanan medis dan kesehatan yang diperlukan bagi para warga lanjut usia (lansia) yang tidak dapat merawat diri mereka sendiri.

Sebuah surat edaran telah dikeluarkan yang mengharuskan lembaga medis dan kesehatan yang memenuhi syarat, terutama lembaga di tingkat akar rumput, serta panti wreda dan pusat rehabilitasi, untuk memberikan layanan kesehatan dasar, konsultasi kesehatan, dan panduan untuk alih perawatan bagi lansia berusia 65 tahun ke atas yang mengajukan permohonan untuk layanan tersebut.

Surat edaran itu meminta institusi kesehatan untuk memberikan setidaknya satu penilaian terhadap gaya hidup dan kondisi kesehatan mereka, satu pemeriksaan fisik serta panduan untuk menjaga kesehatan setiap tahunnya.

Surat edaran tersebut menyebutkan bahwa lembaga-lembaga tersebut harus mengirimkan setidaknya dua tenaga profesional untuk memberikan layanan dari pintu ke pintu, serta mendorong upaya untuk melindungi hak dan kepentingan para lansia.

Per akhir tahun 2023, China memiliki 297 juta warga berusia 60 tahun ke atas dan 217 juta warga berusia 65 tahun ke atas. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024