Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat mengangkut 19,36 ton sampah dalam pembersihan setelah Malam Gemilang HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Kawasan Monumen Nasional (Monas).
 
"Kami mengerahkan 350 orang untuk membersihkan kawasan Monas. Hasilnya total sebanyak 88 meter kubik atau 19,36 sampah berhasil diangkat oleh petugas dalam kegiatan pembersihan itu," kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Pusat Slamet Riyadi saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Slamet menyebutkan, pembersihan Kawasan Monas usai kegiatan itu melibatkan jajarannya dan Unit Pengelola Sampah Badan Air (UPS BA) Jakarta Pusat.
 
Total 350 petugas yang terlibat pembersihan itu,  sebanyak 200 orang di antaranya merupakan petugas kebersihan dari Suku Dinas LH Jakarta Pusat. Sedang sisanya sebanyak 150 orang berasal dari UPS BA Jakarta Pusat.

Baca juga: Pemprov DKI siapkan acara HUT Ke-79 RI mulai 10 Agustus
 
Selain mengerahkan personel, kegiatan pembersihan juga melibatkan 12 unit mesin penyapu jalan (road sweeper). Lalu untuk pengangkutan sampah, pihaknya mengerahkan sebanyak delapan unit truk anorganik dan sebanyak lima unit mobil bak (mini dump truck).
 
"Kegiatan pembersihan baru bisa dilaksanakan pasca acara selesai sekitar pukul 23.00 WIB malam tadi, proses pembersihan membutuhkan waktu sekitar tiga jam. Pukul 02.00 dini hari tadi baru rampung," ujar Slamet.
 
Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) LH Kecamatan Gambir, Mumu Mulyana menjelaskan, kegiatan pembersihan tidak hanya dilaksanakan di area dalam Monas. Pembersihan juga meliputi kawasan sekitar di Jalan Medan Mereka Barat, Medan Merdeka Timur, Medan Merdeka Selatan dan Jalan Medan Merdeka Utara.
 
"Termasuk Jalan Veteran juga kami lakukan pembersihan. Pagi ini kondisi Kawasan Monas dan jalan sekitarnya sudah bersih seperti sediakala," kata Mulyana.

Baca juga: Kemenkumham DKI serahkan remisi kepada 9.326 napi dalam rangka HUT RI
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar Gemilang Silang Monas untuk menyemarakkan HUT Je-79 RI. Gemilang Silang Monas ini sebagai sarana hiburan bagi warga Jakarta dan sekitarnya.
 
Acara dimeriahkan oleh penampilan sejumlah band, video mapping dan air mancur menari. Adapun Gemilang Silang Monas berlangsung selama dua hari, pada 17-18 Agustus 2024 pukul 17.00-22.00 WIB.
 
Kawasan Monas buka pukul 06.00-22.00 WIB, khusus untuk Tugu Monas buka pukul 08.00 - 18.00 WIB (tutup loket pukul 17.00 WIB).

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024