Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa ekonomi mewarnai pemberitaan ANTARA selama sepekan pada 12–18 Agustus 2024, mulai dari postur Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025, hingga perayaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Berikut rangkuman berita ekonomi selama sepekan ini yang layak disimak lagi pada pagi ini:

Presiden Jokowi: Belanja negara direncanakan Rp3.613,1 triliun

Presiden Joko Widodo mengatakan belanja negara dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2025 direncanakan mencapai sebesar Rp3.613,1 triliun.

Presiden Joko Widodo menjelaskan belanja negara tersebut terdiri atas belanja pemerintah pusat sebesar Rp2.693,2 triliun dan transfer ke daerah sebesar Rp919,9 triliun.

Baca selengkapnya di sini

Kemenkeu sebut anggaran perayaan HUT RI di IKN capai Rp87 miliar

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata menyebut, anggaran untuk perayaan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI (HUT RI) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 mencapai Rp87 miliar.

Ia menilai angka itu lebih tinggi dibandingkan anggaran HUT RI di Jakarta tahun lalu yang tercatat Rp53 miliar.

Baca selengkapnya di sini

Jokowi tegaskan seluruh wilayah harus dapat kue pembangunan yang sama

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwasanya seluruh wilayah di Indonesia, baik di sisi barat, timur, dan tengah harus mendapatkan kue pembangunan yang sama, sehingga terjadi pemerataan.

“Indonesia ini negara besar, perlu pemerataan di semua wilayah. Timur, tengah, barat, semua harus dapat kue yang sama,” ujar Jokowi ketika ditemui setelah memimpin prosesi Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih, di Lapangan Upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu sore.

Baca selengkapnya di sini

Pekerja konstruksi terpantau hadiri HUT RI di Istana Negara IKN

Sejumlah pekerja konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) turut menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Istana Negara Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu.

“Hari ini juga sangat istimewa karena kami juga ingin menyapa masyarakat sekitar IKN dan para pekerja konstruksi yang telah hadir di tengah kita,” ujar Sara Wayne selaku pembawa acara di Istana Negara Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

Indef nilai menkeu baru krusial capai target penerimaan negara

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didik Junaidi Rachbini menilai pemilihan sosok menteri keuangan (menkeu) baru penting untuk memastikan target penerimaan negara sebesar Rp2.996,9 triliun pada 2025 dapat tercapai.

"Ada dua faktor yang akan menentukan (tercapainya target penerimaan). Pertama, faktor daya beli yang sekarang turun. Kedua, kemampuan Kementerian Keuangan dan siapa menterinya," ujarnya melalui aplikasi pesan kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024