Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik sepekan terakhir yang menjadi sorotan, di antaranya tanggapan BPIP soal lepas hijab paskibraka hingga Partai Gerindra bakal mengumumkan pasangan Ridwan Kamil dan Suswono pada tangga 19 Agustus 2024.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik dalam sepekan yang menarik dibaca kembali:

BPIP: Lepas hijab Paskibraka demi keseragaman

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjelaskan bahwa pelepasan hijab sejumlah anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai keseragaman dalam pengibaran bendera.

"Karena memang 'kan dari awal Paskibraka itu uniform (seragam)," ujar Yudian ketika memberi pernyataan pers di Hunian Polri Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu.

Pernyataan tersebut dia sampaikan ketika menjelaskan alasan penyesuaian ketentuan seragam untuk anggota Paskibraka yang menggunakan hijab.

Baca selengkapnya di sini.

Kizijihandak dan Kizinubika TNI AD resmi naik status menjadi detasemen

Dua kompi di bawah Pusat Zeni TNI AD yaitu Kompi Zeni Penjinakan Bahan Peledak (Kizihandak) dan Kompi Zeni Nuklir, Biologi, dan Kimia (Kizinubika) resmi naik statusnya menjadi Detasemen Zeni Jihandak dan Detasemen Zeni Nubika.

Kepala Pusat Zeni TNI Angkatan Darat (Kapusziad) Mayjen TNI Budi Hariswanto, selepas upacara peresmian dua detasemen baru itu, menjelaskan bahwa validasi organisasi dua kompi Zeni TNI AD menjadi Detasemen Zeni Penjinakan Bahan Peledak/Sura Dharma Santika dan Detasemen Zeni Nuklir, Biologi dan Kimia/Waspada Chigra Jaya bertujuan untuk mengantisipasi ancaman dan lingkungan strategis yang dinamis dan terus berkembang ke depan.

"Untuk mengantisipasi perkembangan yang demikian, pimpinan (TNI Angkatan Darat) berusaha untuk mengembangkan satuan detasemen Jihandak dan Nubika ini," kata Kapusziad selepas memimpin upacara peresmian di Markas Detasemen Zeni Penjinakan Bahan Peledak/Sura Dharma Santika di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini.

Keluarga dekat Bahlil bentuk Balanusa untuk dukung jadi Ketum Golkar

Sejumlah keluarga dekat Bahlil Lahadalia membentuk forum Bahlil Lahadalia untuk Nusantara (Balanusa) yang bertugas memastikan langkah Bahlil menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Forum ini dipimpin oleh Olsu Babay sebagai ketua dan Muhhammad Uswanus sebagai Ketua Dewan Penasihat Balanusa.

"Insyaallah, niat baik kami untuk mengawal dan menyukseskan Bapak Bahlil Lahadalia menjadi ketua DPP Partai Golkar dimudahkan dan dilancarkan," kata Olsu Babay dalam siaran pers yang diterima, Kamis.

Baca selengkapnya di sini.

Presiden beri penghargaan 64 tokoh, mulai Surya Paloh, Prabowo Subianto, hingga Erick Thohir

Presiden Joko Widodo menganugerahi Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan kepada 64 tokoh bangsa atas kontribusi mereka dalam berbagai bidang selama masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, mulai dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Menteri Pertahanan yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

Pemberian tanda jasa dan kehormatan yang merupakan rangkaian dari Hari Kemerdekaan Ke-79 RI tersebut dipimpin secara langsung Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu sore, dengan didahului mengheningkan cipta.

Para penerima anugerah itu berasal dari kalangan menteri dan wakil menteri KIM, pejabat lembaga tinggi negara, pejabat pimpinan lembaga pemerintah dan non-kementerian, pejabat TNI dan Polri, WNI dengan latar belakang profesi, dan budayawan.

Baca selengkapnya di sini.

Gerindra umumkan pasangan RK-Suswono untuk Pilkada Jakarta 19 Agustus

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa bakal mengumumkan Ridwan Kamil (RK) dan Suswono sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jakarta, 19 Agustus mendatang.

"Secara resminya kami sepakat agar mengumumkan pada tanggal 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Dasco di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu.

Sejauh ini, menurut dia, partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih membahas teknis pengumuman itu digelar secara terpisah atau secara bersamaan.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024