Jakarta (ANTARA) - Menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Shopee mengajak para pengguna untuk merayakan semangat lokal melalui berbagai cara, salah satunya dengan kampanye 17.8 Festival Pilih Lokal yang berlangsung 9 sampai 17 Agustus 2024 dan berkolaborasi bersama mitra UMKM serta brand lokal untuk menghadirkan ragam produk dengan berbagai promosi.

"Sejalan dengan misi Shopee untuk terus meningkatkan kualitas hidup seluruh pengguna melalui teknologi, kami memaknai arti kemerdekaan sebagai kesetaraan akses bagi setiap individu dalam menggapai mimpi," kata Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia Putri Lukman dalam keterangan pers perusahaan yang diterima di Jakarta, Sabtu (17/8).

Sejak hadir di Indonesia, Shopee telah menciptakan akses inklusif untuk memberdayakan lebih banyak pelaku usaha lokal. Hadirnya fitur serta program seperti Shopee Pilih Lokal merupakan bentuk nyata dukungan untuk memberikan panggung bagi pelaku usaha lokal serta menambah eksposur banyak produk lokal unggulan.

"Inovasi ini pun berhasil mencatatkan lebih dari 29 juta kunjungan laman Shopee Pilih Lokal selama paruh pertama tahun 2024," kata Putri.

Melalui acara bertajuk "Rayakan Semangat Lokal di tengah Era Digital bersama Shopee", Shopee mengundang Prilly Latuconsina, Dara Sarasvati, serta brand lokal MINE. Perfumery untuk berbagi kisah inspiratif mereka dalam mengisi momen kemerdekaan melalui peran yang beragam. Salah satunya dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang dihadirkan Shopee untuk menunjang kebutuhan mereka dalam berkarya dan berkontribusi.

Prilly Latuconsina: Rayakan budaya lokal melalui karya

Bagi Prilly Latuconsina, memahami dan mencintai kearifan lokal dapat menjadi langkah awal untuk berkontribusi dalam upaya melestarikan nilai budaya lokal di tengah era digital.

Sadar akan perannya sebagai aktor dan figur publik, Prilly konsisten terlibat dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian budaya lokal.

Tidak hanya melalui perannya dalam film, tetapi juga bagaimana Prilly mengemas karya-karya film yang diproduksinya untuk mempromosikan nilai luhur kebudayaan.

"Dalam merayakan semangat lokal, aku sendiri memiliki berbagai cara, baik secara profesional serta sebagai pribadi aku," kata Prilly.

Mulai dari berkolaborasi untuk memperkenalkan keindahan destinasi wisata Indonesia, membangun gerakan kolektif untuk meningkatkan kesadaran mengenai isu sosial dan budaya, hingga memperkenalkan bahasa ataupun adat melalui pakaian saat filmnya ditampilkan pada festival Internasional.

Tidak hanya itu, Prilly memanfaatkan media sosial untuk terus menyadarkan masyarakat akan pentingnya melestarikan budaya di tengah era digital. Misalnya dengan berbagi informasi soal pakaian atau kebutuhan perawatan kecantikan dari brand-brand lokal yang dia gunakan.

"Nah, dengan tingginya mobilitasku, aku banyak mengandalkan Shopee sebagai teman sat-set aku, baik untuk memenuhi berbagai kebutuhan rumah, pakaian untuk syuting, aksesoris tradisional untuk melengkapi tampilan saat gala premier maupun di festival film, hingga kuliner lokal buat aku ngemil di sela kegiatan," kata Prilly.

"Apalagi dengan adanya laman Shopee Pilih Lokal, yang menawarkan kita berbagai produk lokal dari ragam kategori," katanya.

Prilly tidak jarang pula ikut merekomendasikan sejumlah produk lokal yang dia gunakan kepada pengikut di sosial media karena menilai apa yang digunakannya dapat menginspirasi banyak orang.

Mine. Perfumery: Majukan industri parfum lokal lewat inovasi wangi khas Indonesia

Melihat potensi besar pasar brand parfum lokal yang berkembang, Shan Felita selaku CEO MINE Perfumery mendirikan brand parfumnya di kala belum banyak yang menawarkan varian wangi luxurious dengan semangat memajukan industri dalam negeri. Sejak berdiri, MINE Perfumery menerapkan pendekatan produksi parfum yang bermutu tinggi agar sejajar dengan standar brand parfum internasional.

Bekal pengetahuan tersebut diperoleh sang CEO melalui pengalamannya saat bekerja di Kota Paris. Melalui produk-produknya, MINE. Perfumery berupaya mengenalkan keberagaman budaya Indonesia dengan menggunakan bahan alami dari Indonesia dengan grade terbaik, seperti minyak Patchouli dari Sulawesi yang menghasilkan racikan wangi lebih deep, earthy, dan luxurious.

Tidak hanya itu, demi terus membawa semangat lokal, pada tanggal 17 Agustus MINE menghadirkan parfum edisi terbatas dengan nama UNBOUND, yang artinya tidak terikat. Ini merepresentasikan budaya Indonesia, dari masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Produk tersebut menggunakan wewangian yang merepresentasikan Indonesia melalui rempah-rempah, menggunakan bahan seperti cengkeh, pala, dan kayu cendana untuk menggambarkan kekayaan alam Indonesia.

"MINE. Perfumery memiliki semangat untuk mengedukasi masyarakat mengenal keunikan sensasi wangi parfum berbahan baku kekayaan alam Indonesia yang berkualitas global," kata Shan.

"Semangat ini kami realisasikan dengan memanfaatkan peluang yang dihadirkan platform e-commerce seperti Shopee untuk memperluas jangkauan kreasi parfum MINE agar dapat dinikmati seluruh masyarakat," katanya.

Dari tahun ke tahun, MINE. Perfumery terus mengoptimalkan fitur yang dihadirkan oleh Shopee, antara lain, Shopee Live yang saat ini banyak menarik perhatian konsumen dan memberikan pengaruh signifikan.

Salah satunya terlihat pada puncak kampanye 8.8 kemarin, MINE. Perfumery berhasil meningkatkan pesanan hingga 17 kali lipat dibandingkan pada hari biasa.

"Dampak signifikan ini dipengaruhi oleh peran Shopee Live yang menawarkan kemudahan bagi pelaku usaha untuk lebih dekat dengan para konsumen," kata Shan.

Dara Sarasvati: Lestarikan kekayaan budaya melalui konten kreatif

Sukses menghebohkan dunia maya melalui konten kreatif viral menggunakan pakaian adat, Dara Sarasvati mewujudkan mimpinya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia melalui perannya sebagai kreator konten.

Karena besar di berbagai daerah, tumbuh kembang perempuan yang akrab disapa Dara ini dipengaruhi oleh banyak kebudayaan. Hal itu memotivasinya untuk terus berkreasi membawa unsur kebudayaan menjadi konten kreatif di sosial media.

Dara mulai berkarya dengan membuat konten yang mengangkat busana tradisional dari berbagai daerah hingga ragam pakaian khas tokoh legendaris seperti Roro Jongrang, Nyi Roro Kidul, dan Ken Dedes. Melalui karyanya, dia berharap dapat menginspirasi banyak orang untuk ikut serta melestarikan kebudayaan lokal.

"Di era digital ini, aku meyakini kemerdekaan adalah kebebasan bagi setiap orang untuk menyuarakan ide dan berbagi kreativitas melalui teknologi," kata Dara.

"Seperti Shopee, yang selama ini sangat membantuku dalam memenuhi berbagai kebutuhan dalam berkarya, mulai dari fitur Shopee Mall yang memberikan pengalaman belanja yang sangat nyaman dan aman dengan jaminan produk 100 persen orisinal," katanya.

Dara juga gemar mencari ragam inspirasi fesyen dan kecantikan terbaru melalui fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video.

Biasanya, Dara mengisi waktu luang untuk menonton konten di kedua fitur interaktif tersebut untuk mempertimbangkan keputusan sebelum check-out produk.

"Setiap berbelanja melalui fitur Shopee Live dan Shopee Video, aku merasa terhubung lebih dekat dengan para penjual sehingga mampu mendapatkan informasi yang lengkap tentang produk yang ingin aku beli," katanya.

Sejalan dengan semangat merayakan produk lokal, Shopee kembali menghadirkan kampanye 17.8 Festival Pilih Lokal yang berlangsung sejak 9 hingga 17 Agustus 2024.

Sepanjang kampanye berlangsung, Shopee berkolaborasi bersama mitra UMKM dan brand lokal untuk menghadirkan berbagai ragam pilihan produk dari berbagai kategori untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan berbagai promosi menarik seperti Flash Sale RP17, Gratis Ongkir RP0 Se-Indonesia, dan Ekstra Diskon 79 persen.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Shopee 17.8 Festival Pilih Lokal, kunjungi https://shopee.co.id/m/shopee-pilih-lokal. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.

 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024