Jakarta (ANTARA) - ​Berikut rangkuman berita humaniora populer di Indonesia sepekan terakhir, 10-17 Agustus 2024, yang menarik untuk diulas. Mulai dari  persiapan sampai pelaksanaan perayaan HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur hingga waspada ancaman gempa bumi zona megathrust segmen Selat Sunda dan Mentawai.


1) Presiden Terpilih Prabowo hadiri HUT RI di IKN

Presiden terpilih Prabowo Subianto turut menghadiri upacara peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia yang berlangsung di halaman Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu pagi.

Kehadiran Prabowo melengkapi perhelatan upacara yang diselenggarakan di lapangan terbuka yang megah dan penuh dengan ornamen kebangsaan.


Simak selengkapnya di sini:



2) Delapan orang meninggal karena malaria dan DBD di Nias Selatan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan penyakit malaria dan demam berdarah dengue (DBD) sedang mewabah di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, total ada 562 penderita dan delapan di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Jumlah penderita penyakit tersebut terdata pada Januari-Juli 2024 di Nias Selatan. Mayoritas penderita merupakan warga di Pulau-Pulau Batu, Pulau-Pulau Batu Timur, Pulau-Pulau Batu Barat, Pulau-Pulau Batu Utara, Simauk, Tanah Masa, dan Hibala.

Simak selengkapnya di sini:




3) Kemenkes gandeng Polri usut kasus bunuh diri peserta PDSS FK Undip

Kementerian Kesehatan menggandeng Kepolisian Negara Republik Indonesia guna mengusut kasus kematian seorang peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) Semarang yang diduga bunuh diri.

Menkes mengungkapkan beberapa bukti dugaan bunuh diri peserta PPDS tersebut juga telah ditemukan.

Simak selengkapnya di sini:




4) Menag: Pemakaian jilbab adalah hak yang harus dihormati

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa pemakaian jilbab merupakan hak seorang Muslimah yang harus dihormati oleh seluruh pihak.

Pernyataan itu diungkapkan Menag saat ditanyai oleh wartawan mengenai imbauan kepada masyarakat usai kemunculan polemik berkenaan dengan pelarangan penggunaan jilbab bagi anggota Paskibraka putri.

Simak selengkapnya di sini:





5) BMKG paparkan RI patut waspada dampak gempa megathrust

BMKG mengungkapkan kekhawatiran ilmuwan Jepang terhadap Megathrust Nankai saat ini sama persis yang dirasakan dan dialami oleh ilmuwan Indonesia, khususnya terhadap Seismic Gap Megathrust Selat Sunda M8,7 dan Megathrust Mentawai-Suberut M8,9.

BMKG menilai rilis gempa di kedua segmen megathrust tersebut dapat dikategorikan tinggal menunggu waktu karena kedua wilayah tersebut sudah ratusan tahun belum terjadi gempa besar.


Simak selengkapnya di sini:
 

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024