Mari kita jadikan hari kemerdekaan ini sebagai momentum bagi sektor pertanian untuk bangkit menjadi lumbung pangan dunia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyatakan bahwa Hari Kemerdekaan RI Tahun 2024 menjadi momentum untuk mendorong swasembada pangan dan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

"Selamat Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan RI. Mari kita jadikan hari kemerdekaan ini sebagai momentum bagi sektor pertanian untuk bangkit menjadi lumbung pangan dunia," ujar Mentan seusai menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser, Kalimantan Timur, Sabtu.

Mentan menggelorakan target swasembada pangan hingga menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

Ia mengatakan, pemerintah saat ini tengah menggencarkan program masa depan bangsa dengan memperluas areal tanam (PAT) melalui pompanisasi sebagai solusi cepat dalam mengantisipasi kekeringan panjang akibat gelombang panas dunia.

"Pompanisasi telah didistribusikan secara merata, sehingga kini menjadi momen penting untuk bekerja keras meningkatkan indeks pertanaman, dari yang sebelumnya satu kali menjadi tiga kali dalam setahun," kata Mentan dalam keterangan di Jakarta.

Langkah itu diharapkan Mentan dapat meningkatkan produktivitas pertanian secara signifikan bagi pasokan pangan nasional.

Baca juga: Mentan menyerukan swasembada pangan sambut HUT Ke-79 Kemerdekaan RI

Baca juga: Mentan: Mitigasi risiko kemarau panjang dengan pompanisasi


Dengan peningkatan tersebut, Indonesia optimistis mampu mencapai swasembada pangan dan bahkan menjadi lumbung pangan dunia.

Upaya ini mencerminkan komitmen kuat dalam memastikan ketahanan pangan nasional serta kontribusi di kancah global.

"Kini saatnya kita bekerja meningkatkan indeks pertanaman dari yang tadinya satu kali menjadi tiga kali dalam setahun. Dengan begitu, kita bisa pastikan mampu mencapai swasembada hingga lumbung pangan dunia," katanya.

Mengenai hal ini, Mentan juga menyampaikan terimakasih kepada para petani seluruh Indonesia yang terus berjuang memenuhi kebutuhan dalam negeri hingga melewati masa sulit krisis multidimensi.

"Terima kasih kepada saudaraku petani Indonesia mari kita galakkan tanam agar swasembada segera kita capai," katanya.

Upacara Hari Kemerdekaan di IKN ini dihadiri seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju hingga undangan duta besar seluruh negara. Pembacaan teks Proklamasi dilakukan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Mentan tampil dalam Upacara HUT RI dengan mengenakan pakaian adat Bugis yang khas dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca juga: Mentan menekankan jajaran lakukan terbaik hadapi potensi krisis pangan

Baca juga: Mentan naik motor menghadiri ratas di Istana Kepresidenan akibat macet


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024