Banda Aceh (ANTARA) - Perum Bulog Kantor Wilayah Aceh melaksanakan siaga merdeka yang merupakan upaya mengamankan harga pangan dalam rangka peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia.

“Kegiatan siaga merdeka mengamankan harga pangan ini berlangsung di 79 titik di seluruh tanah air dan di Aceh ada tiga titik yakni di Banda Aceh, Lhokseumawe dan Meulaboh,” kata Pemimpin Perum Bulog Kanwil Aceh Saldi Aldryn di Banda Aceh, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela kegiatan siaga merdeka mengamankan harga pangan yang berlangsung di depan Perum Bulog Kantor Wilayah Aceh di Banda Aceh.

Ia menjelaskan kegiatan yang digelar tersebut merupakan bagian untuk memastikan harga kebutuhan pokok, khususnya pada perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia stabil dan tidak terjadi kenaikan harga.

Adapun kebutuhan pokok yang dijual tersebut dalam dua paket terdiri dari paket Nusantara dengan harga Rp79 ribu per paket terdiri dari beras stabilisasi pasokan harga pangan (SPHP) 5 kilogram dan minyak goreng kita 1 liter. Kemudian paket merdeka Rp45 ribu per paket terdiri dari minyak goreng kita 2 liter dan tepung terigu 1 kilogram.

Ia mengatakan kegiatan siaga merdeka tersebut berlangsung sejak 17 Agustus dan akan berakhir pada 29 Agustus. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara nasional.

“Kami berharap kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini dalam memenuhi kebutuhan pokok,” katanya.

Ia menambahkan dalam pelaksanaan tersebut pihaknya memastikan masyarakat tidak perlu khawatir sebab persediaan yang ada cukup untuk memenuhi permintaan pasar.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024