Upacara peringatan ini tidak hanya menjadi momen untuk menghormati kemerdekaan bangsa, tetapi juga sebagai pengingat akan tanggung jawab Pertamina Gas dalam mendukung ketahanan energi nasional
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Pertamina Gas (Pertagas) Gamal Imam Santoso mengingatkan peran penting perusahaan Subholding Gas ini dalam masa transisi energi.

"Pertamina Gas memiliki peran penting dalam masa transisi energi menuju net zero emission pada 2060 melalui keandalan operasionalnya menyalurkan energi bersih mencapai ketahanan energi nasional untuk kemajuan bangsa Indonesia," kata Gamal dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, saat upacara memperingati HUT ke-79 RI.

Pertamina Gas menggelar upacara bendera serentak pada Sabtu  di delapan wilayah operasinya yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Upacara peringatan ini tidak hanya menjadi momen untuk menghormati kemerdekaan bangsa, tetapi juga sebagai pengingat akan tanggung jawab Pertamina Gas dalam mendukung ketahanan energi nasional dan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan," kata Gamal.

Kegiatan upacara serentak tersebut dihadiri oleh jajaran direksi dan manajemen Pertamina Gas, sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk menghormati dan merayakan kemerdekaan bangsa dengan semangat dan dedikasi tinggi dalam menyalurkan energi baik untuk negeri.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Operasi Pertamina Gas Indra P Sembiring dalam pidato sebagai inspektur upacara di Operation North Sumater Area (ONSA) menyampaikan pesan Kemerdekaan dari Direktur Utama Pertamina mengenai peran Pertamina dalam pembangunan nasional.

Pertamina sebagai lokomotif energi nasional yang senantiasa berperan mendorong laju pertumbuhan bangsa, menyadari bahwa menyelaraskan energi baru di dalam masa transisi tidaklah mudah.

"Perlu adanya nilai-nilai adaptif, dengan terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan. Selain itu, semangat kolaboratif harus terus dibawa untuk mencapai harmoni demi laju pembangunan masa depan," katanya.

Pesan tersebut selaras dengan tema peringatan kemerdekaan HUT RI di Pertamina yaitu "Energi Baru untuk Indonesia Maju" yang mengandung makna pentingnya semangat mewujudkan ketahanan energi yang mendukung kemajuan bangsa.

Pada upacara di seluruh wilayah operasi Pertamina Gas yang bertajuk "Bhinneka Tunggal Ika" itu, para perwira Pertagas sebagai peserta upacara mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Penampilan ini untuk menggambarkan keberagaman budaya yang menyatu dalam semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga: Pertagas salurkan gas ke kawasan industri di Jawa Tengah
Baca juga: Pertagas raih penghargaan internasional kepemimpinan hijau AREA 2024
Baca juga: Pertagas: Integrasi pipa Sumatra-Jawa beri manfaat berbagai sektor

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024