Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan peringatan HUT Ke-79 RI harus dijadikan momen perubahan untuk membangun Indonesia, khususnya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjadi lebih baik.

"Kita harus siap dengan perubahan ini, karena merupakan kesempatan untuk membangun Indonesia yang lebih baik dan kuat," katanya usai ramah tamah dengan para Perintis Kemerdekaan 1945 di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Marwan, untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan kuat serta Indonesia Emas 2045, seluruh warga Kabupaten Sukabumi harus ikut berperan aktif dengan melakukan berbagai inovasi, bekerja keras dan berpikir kreatif dalam menghadapi perubahan yang ada.

Selain itu, memperkokoh persatuan dan kesatuan, menjaga toleransi, gotong royong serta saling membantu. Pemerataan pembangunan, peningkatan perekonomian serta kesejahteraan bukan hanya tugas pemerintah saja, tetapi seluruh elemen masyarakat.

Pihaknya mengapresiasi atas berbagai capaian pembangunan yang telah diraih Kabupaten Sukabumi selama beberapa tahun terakhir, dengan melakukan pemerataan pembangunan di wilayah utara dan selatan.

Kemudian memanfaatkan potensi yang dimiliki kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali yang hasilnya selain untuk pembangunan, juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya memanfaatkan potensi pariwisata di mana dalam pengelolaannya dikelola langsung oleh warga sekitar.

"Kita harus siap menghadapi berbagai perubahan dan tidak hanya sebagai penonton saja, tetapi harus menjadi bagian dalam agen perubahan. Apalagi Kabupaten Sukabumi dikaruniai potensi sumber daya alam yang mumpuni, jangan sampai potensi yang ada tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal," tambahnya.

Marwan mengatakan pentingnya tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang mencerminkan langkah besar bangsa Indonesia dalam pemindahan ibukota negara ke Kalimantan Timur, serta harapan untuk terus memperkuat pola pikir dan sistem kerja seiring dengan perkembangan teknologi digital.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024