Magelang (ANTARA) - Upacara pradaksina merdeka digelar di pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang diinisiasi oleh InJourney Destination Management dan PT Meccaya.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur AY. Suhartanto, di Magelang, Sabtu sore, menyampaikan hari ini bersama-sama melaksanakan pradaksina merdeka, yang dihadiri para pemuka agama.

Sebelum melakukan pradaksina (berjalan mengelilingi Candi Borobudur) mereka berjalan di Marga Utama Taman Wisata Candi Borobudur di barisan pertama adalah Paskibra dan duta wisata Kabupaten Magelang, kemudian para pemuka agama dan para biksu.

Suhartanto menyampaikan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI hari ini merupakan momentum penting bagi seluruh Bangsa Indonesia yang menandakan bahwa ada suatu pembaruan, mengusung Nusantara Baru Indonesia Maju.

"Peringatan pada hari ini mengajak kita untuk membarui diri menjadi pribadi yang baru. Baru dalam pikiran dan jiwa sehingga siap untuk menghadapi tantangan ke depan, pribadi yang baru membawa kita menjadi masyarakat yang maju," katanya.

Ia menyampaikan masyarakat yang terbuka akan keanekaragaman budaya, suku, dan adat, serta mau untuk kolaborasi menjadi cerminan kekayaan bangsa Indonesia.

"Sebagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Candi Borobudur mengajarkan kita untuk selalu menjadi pribadi yang senantiasa baik dan selalu menjaga nilai-nilai budaya bangsa," katanya.

Ia menuturkan kesatuan pada sore hari ini menjadi wujud kemerdekaan yang nyata , merdeka bukan lagi sekadar terbebas dari penjajahan, tetapi juga memerdekakan jiwa untuk selalu hidup rukun, damai, dan berdampingan, untuk menyongsong masyarakat maju.
Baca juga: Mahasiswa Unsri bentang bendera RI-Palestina di tebing alam 130 meter
Baca juga: Eks napiter ikuti upacara HUT RI di Gorontalo
Baca juga: Pemkot Kediri tebar ribuan benih ikan di Sungai Brantas
Baca juga: Korem 162/WB gelar parade bendera bawah laut di perairan Pulau Moyo

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024