Jakarta (ANTARA) - Perum Bulog mewarnai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 dengan menghadirkan Program "Bulog Siaga" di 79 titik strategis, guna memastikan ketersediaan dan pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat secara merata.

"Bulog Siaga dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2024 secara serentak di 79 titik di seluruh Indonesia, mulai di kantor cabang Bulog hingga titik strategis di wilayah kerja Perum Bulog," kata Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Bayu menyampaikan, sebagai salah satu komitmen Bulog dalam menjaga ketersediaan pangan di seluruh Indonesia adalah hadir di banyak lokasi dalam menjangkau masyarakat secara langsung melalui program-program Bulog.

"17 Agustus 2024 ini Bulog hadir dengan Program Bulog Siaga," ucap Bayu.

Baca juga: Bulog jaga stabilitas harga dengan program Bulog Siaga Merdeka

Bulog Siaga merupakan program inisiasi BUMN di bidang pangan tersebut yang bekerjasama dengan pemangku kepentingan terkait untuk membuka stand/titik/outlet yang menjual komoditi pangan milik Perum Bulog kepada masyarakat langsung.

Program Bulog Siaga ini diadakan salah satunya sebagai bentuk rasa syukur sebagai masyarakat Indonesia dalam menjaga spirit kebangsaan di Hari Lahir Indonesia atau HUT Ke-79 Kemerdekaan RI.

Bulog mengantarkan kebaikan ke masyarakat Indonesia melalui Bulog Siaga dengan menyediakan pangan berkualitas dengan harga terjangkau kepada masyarakat langsung.

Direktur Utama Perum Bulog beserta direksi turut memeriahkan Dirgahayu Republik Indonesia dengan langsung melakukan monitoring ke lapangan tentang jalannya kegiatan Bulog Siaga dan mengikuti upacara HUT Ke-79 RI di kantor- kantor wilayah Bulog seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Bayu menekankan bahwa kemerdekaan yang diperoleh melalui perjuangan para pahlawan dan pendiri bangsa harus disyukuri dengan mengisi kemerdekaan tersebut melalui perbuatan baik yang berkelanjutan.

Baca juga: Bulog Jatim menggelontorkan pangan murah di 13  titik

Salah satu bentuk rasa syukur ini diwujudkan oleh Perum Bulog melalui inisiatif "Bulog Siaga," yang siap menjaga stabilitas harga pangan dengan menyediakan beras berkualitas baik dengan harga terjangkau di 79 titik strategis di berbagai kota di Indonesia.

Selain itu, program "Bulog Siaga" juga dilaksanakan dalam kerangka Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digagas oleh Badan Pangan Nasional. Melalui program ini, masyarakat dapat menikmati beras dengan harga terjangkau, sebagai bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan.

Dengan demikian, Perum Bulog berharap masyarakat terus mensyukuri dan merayakan kemerdekaan Indonesia dengan cara yang positif dan bermanfaat bagi semua.

Selain kegiatan Bulog Siaga dan Gerakan Pangan Murah yang diinisiasi oleh Pemerintah, Bulog juga tengah melakukan penyaluran bantuan pangan beras 10 kilogram (kg) kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia, yang merupakan penugasan dari Bapanas untuk alokasi bulan Agustus tahun 2024.

"Sampai saat ini juga Bulog masih melakukan penyerapan hasil petani dalam negeri dengan beberapa skema yang dimiliki, baik melalui skema PSO, maupun skema komersil," imbuh Bayu.

Bayu merinci ke-79 titik Bulog Siaga dilaksanakan oleh Bulog Kanwil Aceh, Kantor Cabang (KC) Lhokseumawe, KC Meulaboh, KC Medan, KC Pematang Siantar, KC Kisaran, KC Padang Sidempuan, Kanwil Riau dan Kepri, KC Tanjung Pinang, KC Batam, Kanwil Sumbar, KC Bukit Tinggi, Kanwil Jambi, Kanwil Sumsel dan Babel, KC Bangka, Kanwil Bengkulu.


Kemudian Kanwil Lampung, Kanwil DKI Jakarta dan Banten, KC Serang, KC Tangerang, KC Lebak, KC Bandung, KC Cianjur, KC Cirebon, KC Indramayu, KC Karawang, KC Subang, KC Ciamis, KC Bogor, KC Semarang, KC Pati, KC Surakarta, KC Tegal, Kanwil Yogyakarta, KC Banyumas, KC Magelang, KC Surabaya, KC Mojokerto, KC Bojonegoro, KC Madiun.

Selanjutnya KC Kediri, KC Bondowoso, KC Malang KC Probolinggo, KC Banyuwangi, KC Tulungagung, KC Jember, KC Madura, KC Ponorogo, Kanwil Kalbar, Kanwil Kaltim dan Kaltara, KC Paser, Kanwil Kalsel, Kanwil Kalteng, Kanwil Sulut dan Gorontalo, KC Gorontalo, Kanwil Sulteng, Kanwil Sultra, KC Baubau, KC Makassar, KC Mamuju, KC Sidrap, KC Bulukumba.

Berikutnya di Bulog KC Palopo, Kanwil Bali, Kanwil NTB, KC Bima, Kanwil NTT, KC Ende, KC Bajawa, KC Atambua, Kanwil Maluku dan Malut, KC Ternate, Kanwil Papua dan Papua Barat, KC Wamena, KC Nabire, KC Manokwari, KC Sorong, dan KC Merauke.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024