Jakarta (ANTARA) - Berbagai organisasi mahasiswa dan komunitas Indonesia di Australia Barat berkolaborasi menyelenggarakan serangkaian acara bermakna untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

KJRI Perth melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan acara tersebut diselenggarakan dengan dukungan penuh dari pihaknya dan berhasil mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Perth untuk bersama-sama merayakan dengan semangat kebersamaan dan patriotisme yang tinggi.

Upacara bendera, kata konsulat jenderal tersebut, bukan hanya menjadi simbol, tetapi juga bentuk penghormatan atas perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan. Di tanah rantau, makna kemerdekaan semakin mendalam, menyatukan warga Indonesia dalam tekad mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa.

“Meskipun cuaca sempat diguyur hujan deras, antusiasme peserta dan penonton tidak surut. Rintik hujan justru menjadi penyemangat tambahan, mengingatkan kita akan tekad para pejuang yang tidak gentar menghadapi rintangan,” kata KJRI Perth.

Rangkaian lomba tradisional seperti balap karung, balap kelereng, memasukkan pensil ke dalam botol, bakiak, dan tarik tambang menjadi daya tarik utama bagi peserta yang berasal seluruh lapisan masyarakat WNI di Perth dan sekitarnya.

“Teriakan semangat dan tawa lepas menggema di Langley Park, menghidupkan kembali kenangan masa kecil bagi banyak peserta yang mungkin sudah lama jauh dari kampung halaman,” ucap KJRI Perth.

Tak hanya masyarakat Indonesia, upacara Hari Kemerdekaan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat di Australia, rekanan, serta murid sekolah di Australia.

Banyak di antara mereka mengaku terkesan dengan upacara serta semangat kemerdekaan yang ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia di Perth.

Sebagai bagian dari pra-rangkaian kemeriahan yang dimulai sejak Juli 2024, berbagai lomba lainnya seperti boling, badminton, dan futsal juga telah diadakan, menyatukan masyarakat Indonesia di Perth dalam semangat sportivitas dan kebersamaan.

Pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai gerai kuliner yang menyajikan hidangan lezat dari restoran-restoran Indonesia terkemuka di Perth. Acara itu juga diisi dengan festival kuliner Indonesia, mulai dari bakso, masakan Padang, hingga jajanan pasar yang semakin memeriahkan suasana kemerdekaan di Perth.

Baca juga: KJRI Perth gelar pekan promosi seni budaya "Jalan-Jalan Indonesia"
Baca juga: KJRI Perth beri apresiasi untuk pelajar Bahasa Indonesia di Australia
Baca juga: Pakar: Indonesia-Australia perlu bangun kerja sama riset perpajakan


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024