Jakarta (ANTARA) - Warga negara Indonesia (WNI) di Ethiopia mengaku perayaan upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 di Addis Ababa semakin mempererat persatuan di antara para diaspora di negara itu.

Berdasarkan rilis pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Addis Ababa, yang diperoleh ANTARA, Jakarta, Sabtu, upacara HUT RI ke-79 di Ethiopia dilaksanakan di halaman KBRI di Addis Ababa pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Upacara dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, dan dihadiri oleh staf KBRI dan diaspora Indonesia serta sahabat Indonesia di Ethiopia.

Setelah mengikuti upacara, sejumlah WNI menyampaikan kesan-kesan mereka tentang upacara tersebut, salah satunya Selvi Dini, yang mengaku merasakan kehangatan saat bertemu masyarakat Indonesia di negara itu.

Dia mengaku bahwa persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia di Ethiopia sangat erat dan kuat saat mereka merayakan HUT RI.

Senada dengan Selvi, Taryat Suratman, yang sudah berada di Ethiopia selama 17 tahun, juga mengatakan perayaan HUT RI di Ethiopia tidak hanya untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa dan negara, tetapi juga meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia di luar negeri, khususnya di Ethiopia.

Julia Sembiring juga mengaku bahagia karena perayaan HUT RI memungkinkan dirinya untuk berkumpul bersama masyarakat Indonesia di sana.

Sementara itu, Isworo Larasati mengatakan bahwa selain bahagia karena bisa bertemu dengan teman-temannya, upacara HUT RI juga merupakan kesempatan baik untuk mengenang jasa para pahlawan dan pendiri bangsa Indonesia.

Baca juga: Dubes: Upacara HUT RI ke-79 di Jenewa pupuk nasionalisme, persatuan
Baca juga: Wapres Ma'ruf sebut Upacara HUT Ke-79 RI berjalan lancar

Pewarta: Katriana
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024