Ambon (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto menyerahkan bantuan penanggulangan bencana di Kota Ambon.

Bantuan diserahkan Menko PMK Muhadjir Effendy kepada Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus N Kaya berupa satu unit mobil ambulans, dana siap pakai dukungan operasional penanganan darurat bencana hidrometeorologi tahun 2024 sebesar Rp250 juta, dan sejumlah bantuan lainnya di Ambon, Maluku, Sabtu.

Menteri menyampaikan terima kasih atas dukungan BNPB bagi daerah yang mengalami bencana, dengan menyiapkan bantuan penanganan bencana alam.

"Kepala BNPB ini luar biasa karena saat ini pendekatan penanganan bencana bukan hanya antisipatif, tetapi diperlukan aktif menjadi proaktif , dan BNPB juga bisa mendeteksi daerah mana yang mempunyai potensi bencana khususnya gempa bumi, " katanya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk jangan pernah berhenti mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana khususnya di wilayah Maluku.

"Kita siapkan semua yang diperlukan bukan hanya pascabencana, tetapi antisipasi terjadinya bencana mengingat Indonesia ditakdirkan berada di wilayah yang memang langganan bencana, yakni berada di dalam 'ring of fire' atau cincin api, " katanya.

Menko PMK juga mengimbau Pemerintah Provinsi Maluku untuk mengidentifikasi wilayah mana yang belum ditangani melalui penanganan lebih cepat dari BNPB.

"Di pulau Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara sesuai data BNPB terdapat ratusan rumah akibat bencana yang belum tertangani karena itu saya minta pak penjabat gubernur dan sekda untuk melakukan identifikasi, " katanya.

Baca juga: HUT ke-20, Mensos minta Tagana tetap semangat bantu masyarakat

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan, selain menyalurkan bantuan penanganan bencana BNPB juga akan memberikan tambahan anggaran operasional bencana, mengingat Pemkot Ambon masih menetapkan status siaga tanggap darurat.

"Kami akan memberikan anggaran operasional guna mengantisipasi terjadinya bencana, kita berharap tidak terjadi bencana,harapan kami bantuan yang diberikan bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat kota Ambon, " katanya.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N Kaya menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat bagi provinsi Maluku khususnya Kota Ambon.

"Bantuan yang diberikan saat ini menjadi pertanda baik perhatian komitmen pemerintah pusat bagi kota Ambon, bantuan ini akan dimanfaatkan dengan baik, " katanya.

Baca juga: Pemerintah punya kendali soal senioritas dokter lewat UU Kesehatan
Baca juga: Menko PMK ajak masyarakat Penajam cegah stunting siapkan SDM unggul

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024