Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan HUT Ke-79 RI secara keseluruhan berjalan lancar.

"Ya kan kita berjalan dengan baik dan tadi berjalan dengan baik," kata Wapres usai menghadiri Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu.

Wapres mengharapkan momen HUT Ke-79 RI tersebut dapat memberikan motivasi kepada generasi muda dalam menyongsong Indonesia Maju.

"Kita harapkan ini akan memberikan motivasi, semangat, terutama kepada generasi muda, bahwa Indonesia Maju ke depan sudah akan kita mulai dan kita yakin ke depannya kita bisa membangun ibu kota baru," ujar Wapres.

Baca juga: Wapres maknai HUT Ke-79 RI sebagai upacara pamitan untuk terakhir kali

Sebelumnya, Wapres Ma'ruf memaknai Upacara HUT Ke-79 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, sebagai upacara wada yang berarti pamitan untuk terakhir kalinya.

"Ya ini sangat berkesan karena ini yang terakhir. Bagi saya ini upacara wada, ya kan ada tawaf wada, haji wada, nah sekarang ini upacara wada namanya, pamitan untuk yang terakhir kali," kata Wapres.

Menurut Wapres, momentum penyelenggaraan Upacara HUT RI merupakan momentum bersejarah. Upacara HUT Ke-79 RI di IKN juga menunjukkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk membangun wilayah baru yang diharapkan menjadi penggerak Indonesia Maju.

Pada upacara itu, Wapres bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin mengenakan busana adat senada dari Suku Melayu Sambas dari Pontianak, Kalimantan Barat saat Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu pagi.

Sementara saat menghadiri Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Sabtu sore, Wapres mengenakan setelan jas biru tua lengkap dengan dasi merah dan juga peci hitam.

Baca juga: Wapres kenakan busana adat Pontianak hadiri upacara di Istana Merdeka
Baca juga: Pakaian adat Wapres terinspirasi dari masyarakat di Sungai Kapuas

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024