Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand dan UNESCAP Rachmat Budiman mengajak masyarakat Indonesia di Thailand untuk semakin mencintai tanah air saat upacara peringatan HUT RI ke-79 di KBRI Bangkok pada Sabtu (17/8).

"Saya berharap dengan mengikuti Upacara Peringatan HUT RI ke-79 ini para Warga Negara Indonesia (WNI) di Thailand dapat semakin tumbuh rasa cinta tanah air, jiwa nasionalisme dan patriotisme," ujar Budiman dalam rilis KBRI Bangkok yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Budiman juga berharap dengan mengikuti upacara tersebut para WNI dapat memupuk keharmonisan dan keberagaman dalam berbangsa dan bernegara di lingkungan masyarakat di Thailand.

Meski cuaca panas terik dengan suhu 33 derajat Celsius, upacara tetap berjalan khidmat dan tertib, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari pelajar Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) tetap menjalani tugas dengan lancar dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand.
Baca juga: KBRI gelar 'Indonesian Day' ajak mahasiswa Thailand dalami budaya

Sementara itu, salah satu peserta upacara yang merupakan pemengaruh asal tanah air Jerome Polin, merasa bangga dapat mengikuti upacara di KBRI Bangkok.

"Upacaranya sangat bagus sekali di lapangan terbuka dan sangat luas serta didukung oleh tim paskibara, marching band dan paduan suara, mantap sekali," ungkap Jerome.

Selain upacara bendera, KBRI juga mengadakan berbagai macam lomba yang telah berlangsung sejak 4 Mei, dan pada 24 Agustus mendatang akan diadakan pesta rakyat, di mana pengunjung akan dimanjakan dengan kuliner nusantara dan penampilan grup musik baik dari Bangkok maupun Jakarta.

Rangkaian kegiatan memperingati HUT RI ke 79 ini akan ditutup dengan resepsi diplomatik bagi kalangan korps diplomatik dan pejabat instansi pemerintah Kerajaan Thailand pada 25 September.

Baca juga: Nyanyian cinta tanah air berpadu dengan selawat bergema di Denpasar 
Baca juga: Dekorasi perayaan Paskah di Katedral Jakarta cerminkan cinta Tanah Air

Baca juga: Tokoh Papua ajak warga perbatasan kibarkan merah putih cinta tanah air

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024