Komunitas tersebut rutin mengadakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus di seputaran Ampera
Palembang (ANTARA) -
Komunitas sepeda tua Indonesia (Kosti) Sumatera Selatan menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2024 di kawasan Jembatan Ampera, Kota Palembang.
 
"Kami komunitas sepeda tua Sumsel merayakan HUT RI di kawasan pinggir Sungai Musi, Jembatan Ampera Kota Palembang," kata Ketua Kosti Region Sumsel Anto di Palembang, Sabtu.
 
Ia menyebutkan setiap tahunnya komunitas tersebut rutin mengadakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus di seputaran Ampera.
 
Menurutnya di tahun sebelumnya upacara dilakukan di pelataran Monpera dan tahun ini pihaknya mengadakan di tepi Sungai Musi Kota Palembang di kawasan bawah jembatan Ampera.
 
Upacara tersebut diikuti sebanyak 70 anggota dengan menggunakan pakaian khas sepeda tua atau sepeda ontel.
 
Ia menyebutkan Sungai Musi atau Jembatan Ampera ini merupakan titik perjuangan di Sumsel, karena dahulu di sini tempat Inggris memasukkan kapal-kapalnya, pada masanya. Kemudian di sini juga dikenal dengan adanya pertempuran lima hari lima malam.
 
Ia menegaskan hasil dokumentasi kegiatan akan disebarluaskan ke seluruh Indonesia sehingga Palembang akan lebih dikenal dengan ikon Jembatan Ampera.
 
"Dalam memaknai hari kemerdekaan ini sebagai nilai-nilai leluhur dari para pejuang bahwa kemerdekaan ini patut diperjuangkan dan mempunyai nilai yang tinggi jadi tidak didapatkan dengan teman-teman maka harus ada upaya untuk mendapatkannya," katanya.

Baca juga: Perenang Tulungagung bentangkan bendera raksasa di atas kolam
Baca juga: Pj Gubernur tasyakuran bersama keluarga pahlawan dan janda perintis
Baca juga: Presiden pimpin upacara penurunan bendera di IKN
 
 
 
 
 
 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024