Pacitan, Jatim (ANTARA) - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hadir dan mengikuti rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan di kampung halamannya, Pacitan, Jawa Timur, Sabtu.

SBY tidak sendirian. Ia ditemani sejawatnya satu angkatan lulusan AKABRI tahun 1973.

Mereka mengikuti seremoni upacara bendera yang digelar Pemkab Pacitan di halaman pendopo setempat.

Baca juga: SBY hadiri detik-detik proklamasi di Pendopo Pacitan

Selain upacara HUT RI, SBY juga mengundang teman-temannya menghadiri perayaan ulang tahun pertama berdirinya Museum dan Galeri SBY*ANI di Pacitan.

"Kami, atas nama seluruh masyarakat Pacitan, berterima kasih kepada Bapak SBY dan rekan-rekan, karena berkenan hadir dan mengikuti upacara (peringatan HUT RI) di Pacitan," kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji.

Usai kegiatan, SBY beberapa kali melontarkan pujian atas pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-79 RI di Pacitan.

Menurut dia, kualitas pelaksanaan upacara HUT RI di Pacitan tak kalah dengan yang digelar pemerintah di Istana Jakarta. "Membanggakan. Tidak kalah dengan upacara di Istana Negara Jakarta," kata SBY setelah upacara kemerdekaan di Pacitan.

Ia memuji parade dari TNI/Polri yang menurutnya sempurna. Juga Paskibraka, pertunjukan musik, tari dan lagu.

"Parade dari TNI Polri, dan semua yang ikut parade bagus. Paskibraka bagus. Kor musik bagus. Tari-tarian dan lagu-lagu yang dipersembahkan bagus. Alhamdulillah, cuaca dan anginnya bagus," kata SBY.

Menurutnya, pelaksanaan yang bagus itu bukan buatan, tetapi memang kualitas individu dan kolektif seluruh pasukan dan tim Paskibraka yang memiliki standar tinggi.

SBY mengaku pernah menjadi komandan upacara 17 Agustus 1994 di Istana Negara Jakarta. "10 tahun kemudian saya inspektur upacara (Irup) upacara 2004. Kalau saya bilang bagus ya bagus. Saya senang generasi muda seperti ini. Lagi-lagi terima kasih dan terus kembangkan," pesannya.

Baca juga: SBY dijadwalkan hadiri peringatan HUT RI di Pacitan

Baca juga: SBY tak hadiri Sidang Tahunan MPR 2024 karena di Pacitan


Bersama presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, SBY sebenarnya diundang pemerintah untuk menghadiri upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara, hari ini 17 Agustus 2024. Namun, dua tokoh bangsa itu tidak menghadiri undangan itu.

Keduanya dijadwalkan mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI di tempat berbeda. Megawati Soekarnoputri mengikuti upacara di sekolah partai PDI Perjuangan. Sedangkan SBY mengikuti upacara di Pacitan.

Bupati Nur Bayuaji atau Aji mengatakan kehadiran SBY dalam gelaran upacara HUT RI di Pacitan ini merupakan yang kesekian kali. Tahun lalu (2023), SBY juga hadir memperingati HUT RI di Pacitan dengan didampingi kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yushoyono.
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024