Jakarta (ANTARA) - Pembalap Prima Pramac Jorge Martin memecahkan rekor lap untuk merebut posisi pole dalam Grand Prix Austria pada sesi kualifikasi di Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu. 

Martin mencatat waktu terbaik 1 menit 27,748 detik. Rekor waktu ini menggeser catatan  juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang sehari sebelumnya mencetak rekor lap baru untuk lintasan Austria dengan 1 menit 28,508 detik.

Yang menarik pada balapan mendatang adalah grid terdepan yang diisi oleh tiga calon juara musim ini, yakni Martin, Bagnaia, dan juara dunia delapan kali Marc Marquez. 

Bagnaia dan Marc Marquez masing-masing terpaut 0,141 detik dan 0,544 detik dari sang pemimpin balapan sekaligus pemuncak klasemen musim ini. 

Baca juga: Bagnaia pecahkan rekor catatan waktu menjelang GP Austria

Pertarungan ketat di antara ketiga pembalap Ducati itu disaingi oleh pembalap Aprilia Racing Aleix Espargaro yang terpaut 0,052 detik saja dari Marquez. 

Berikutnya dalam posisi lima besar adalah Jack Miller dari Red Bull KTM dengan catatan waktu terbaik 1 menit 28,546 detik. 

Lima pembalap lain dalam sepuluh besar adalah Maverick Vinales (Aprilia Racing), Enea Bastianini (Ducati Lenovo), Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing), Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46), dan wildcard Red Bull KTM Pol Espargaro. 

MotoGP Austria akan berlanjut Sabtu ini melalui sesi balapan Sprint pukul 20.00 WIB yang dilanjutkan balapan utama keesokan harinya pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Diggia dinyatakan tidak laik balapan karena crash pada sesi latihan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024