Jakarta (ANTARA) - Pembalap muda Indonesia Veda Ega Pratama merasa senang dengan start dari P4 dalam seri kelima Red Bull Rookies Cup 2024 di Red Bull Ring, Spielberg, Austria.

Veda mendapatkan posisi keempat dalam kualifikasi, Jumat, setelah mencatat  waktu 1 menit 44,378 detik, berselisih 0,344 detik dari penempat pole position, Rico Salmela. 

“Saya senang dengan hasil hari ini,” kata Veda dalam  laman Red Bull Rookies Cup pada Sabtu. 

Catatan apik dalam kualifikasi ini tidak didapatkan Veda dengan mudah karena pembalap berusia 15 tahun itu harus berjuang keras dan bahkan sempat kesulitan pada sesi latihan bebas 1 (FP1) dan sesi latihan bebas 2 (FP2).

Di FP1, ia hanya mencatat waktu 1 menit 48,869 detik untuk menduduki posisi ke-22. Sedangkan pada sesi FP2, ia mencatat waktu 1 menit 46,339 detik sehingga posisi naik ke-15.

“Ini bukan sirkuit yang mudah untuk dipelajari, namun selangkah demi selangkah saya mencapainya,” kata pembalap asal Gunungkidul di Yogyakarta itu. 

Baca juga: Adenanta dan Veda Ega finis 1-2 di ARRC Sirkuit Mandalika

“Saya kehilangan banyak lap di FP1 karena terjatuh di awal sesi,” tambahnya.  “Jadi di FP2 saya harus menemukan garis yang bagus dan menyelesaikannya."

Posisi P4 dalam kualifikasi akan menjadi modal bagus Veda manatap balapan di Spielberg yang akan dimulai hari ini pukul 21.50 WIB. 

Ia mengatakan akan melakukan beberapa perubahan setelan motornya pada Race 1 bisa menaikkan performa terbaik dalam  kompetisi balap Eropa ini. 

“Motornya bagus, tidak sempurna jadi saya pikir untuk Race 1 kami akan mencoba perubahan pada suspensi belakang dan melihat apakah itu membantu,” tutupnya.

Veda berada paada posisi delapan dengan 61 poin, dalam klasemen. 

Posisi tiga teratas masih dikuasai Brian Uriarte dengan 140 poin, disusul Carpe 127 poin, dan Valentine Perrone 117 poin.

Baca juga: Veda Ega Pratama akhiri seri Assen Belanda di posisi tujuh

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024