Jakarta (ANTARA) - Selebritas Indra Bekti lebih mengenal pahlawan-pahlawan Indonesia setelah membintangi "Pagelaran Sabang Merauke" yang ditampilkan di JIExpo Theatre, Jakarta Pusat pada 17 dan 18 Agustus 2024.

Pemeran karakter Bagong dari kisah pewayangan itu mengaku, dari cerita Pergelaran Sabang Merauke dirinya kini mengetahui beberapa pahlawan Indonesia yang namanya jarang dia dengar.

Salah satunya Siti Manggopoh, seorang pejuang wanita yang melawan penjajah Belanda di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Baca juga: Indra Bekti perankan tokoh Punakawan di Pagelaran Sabang Merauke

Baca juga: Indra Bekti "comeback" tampak segar buka konser Blue


"Siti Manggopoh itu aku jarang mendengar padahal ternyata dari Sumatera Barat padahal itu dari daerahku sendiri, aku orang Padang juga. Ternyata banyak sekali pahlawan-pahlawan yang belum banyak mengenal loh biasanya kan di sekolah-sekolah dipajang kan," kata Indra saat ditemui di Jakarta Pusat, Jumat (16/8).
Selebritas Indra Bekti berpenampilan menyerupai karakter Bagong dari kisah pewayangan. (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)


Berperan sebagai karakter pewayangan, Indra memiliki tantangan sendiri, yakni harus melafalkan bahasa Jawa halus serta mengubah suaranya menjadi seperti Bagong.

"Aku kan harus liat seperti apa sih karakternya dari suaranya, terus pake bahasa Jawa kebetulan aku ada Jawa-Jawa-nya juga jadi untuk pake bahasa jawa lumayan mudah tapi ga bisa bahasa yang alus," ujarnya.

Diketahui, iForte bersama BCA kembali menggelar ajang pertunjukan seni bertajuk "Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway" yang  diselenggarakan di JIExpo Theater Kemayoran, Jakarta pada tanggal 17 dan 18 Agustus 2024.

Mengangkat tema "Pahlawan Nusantara", pertunjukan ini akan menyuguhkan aksi teatrikal yang dipadukan dengan tari-tarian daerah dan kontemporer, iringan musik daerah dan nasional, serta menampilkan busana dari berbagai daerah di Indonesia.

Pertunjukan kolosal ini akan melibatkan 325 seniman musik dan tari yang akan membawakan tarian dan total 35 lagu dari hampir seluruh provinsi di Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua.

Tidak hanya itu, "Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway" juga akan menyuguhkan penampilan alat musik tradisional yang autentik dari berbagai daerah di Indonesia seperti talempong, gamelan, gambang kromong, tifa, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Yura Yunita jadi biduan Sunda di "Pagelaran Sabang Merauke"

Baca juga: Dewan juri Pagelaran Sabang Merauke ungkap kriteria audisi penari


Baca juga: Pentas "Pagelaran Sabang Merauke" akan digelar pada 17 & 18 Agustus
 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024