Saat Bendera Merah Putih mulai dikibarkan, petugas bersama nelayan melakukan hormat bendera dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya
Surabaya (ANTARA) - Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Jawa Timur bersama para nelayan mengibarkan Bendera Merah Putih di perairan Selat Madura saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Sabtu.

Bendera Merah Putih sebelumnya dibawa oleh para nelayan menggunakan perahu mereka yang kemudian diserahkan kepada petugas untuk dikibarkan.

Baca juga: PLN Icon Plus mendukung pelaksanaan upacara kemerdekaan di IKN

Saat Bendera Merah Putih mulai dikibarkan, petugas bersama nelayan melakukan hormat bendera dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Anggota bersama dengan nelayan melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI di tengah laut, yakni di bawah Jembatan Suramadu. Kegiatan ini juga dilaksanakan pada saat kita melaksanakan patroli," kata Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Jatim AKBP Budi.

AKBP Budi mengakui cukup sulit melakukan pengibaran Bendera Merah Putih di tengah laut, karena berbeda dengan pengibaran bendera di darat.

"Kalau di laut ini tantangannya ini cukup sulit karena ada ombak dan angin," tutur dia.

Baca juga: Pj Gubernur ajak masyarakat isi kemerdekaan dengan kegiatan positif

Pihaknya berharap dengan pengibaran bendera di Selat Madura itu seluruh anggota bisa memupuk rasa nasionalisme bersama masyarakat nelayan.

Ditpolairud Polda Jatim pada HUT RI ini juga menitipkan pesan kepada para nelayan agar menjaga keselamatan dalam melaut karena sering terjadi kecelakaan nelayan di tengah laut.

"Masyarakat nelayan juga harus menggunakan alat tangkap menggunakan yang ramah lingkungan dan tidak melanggar aturan," ujar dia.

Baca juga: Warga Bandarlampung gelar upacara HUT RI berbahasa Lampung

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024