Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 20 tim dari 10 kategori berburu gelar juara dalam final event 3 Dekade Dash Basketball di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Jakarta, pada 17-18 Agustus 2024.

Tournament Director 3 Dekade Dash Basketball, Andrie Rhesa Prastanto, mengatakan turnamen tersebut diselenggarakan sejak Juli lalu, dengan total 137 pertandingan dan diselenggarakan di tiga tempat, yaitu GOR Otista, Pulogadung, dan Bulungan.

"Total ada 60 tim peserta," kata Andrie saat diwawancarai ANTARA di GOR Bulungan, Sabtu.

Dia mengatakan, event itu memfasilitasi 10 kategori, yaitu Kelompok Umur (KU) 10, 12, 14, alumni SMA yang baru tamat, alumni SMA angkatan 1993-2022, alumni universitas angkatan 2003-12, 2013-2022, 30 tahun ke atas, 40 tahun ke atas, dan ekshibisi.

Seluruh peserta, lanjut Andrie, berasal dari komunitas, klub, dan para alumni tim bola basket SMA, SMP, dan perguruan tinggi.


Baca juga: Arighi ingin perkembangan bola basket merata di setiap wilayah

Ia menambahkan, hadiah untuk KU kecil adalah plakat dan produk-produk dari sponsor, selain hadiah.
Tim CGR Basketball menjuarai kategori Kelompok Umur (KU) 14 dalam event 3 Dekade Basketball yang diselenggarakan oleh Dash Sports di GOR Bulungan, Jakarta, Sabtu (17/8/2024). ANTARA/Donny Aditra
"Dari awal mereka sudah bertanya untuk ikut serta, makanya kami banyakin 
Ia mengungkapkan, setiap pertandingan berlangsung meriah karena dihadiri ratusan penonton, yang terdiri dari orang tua, teman, dan keluarga dari para peserta, sehingga nuansa silaturahmi antar alumni sekolah, universitas, dan komunitas juga bisa terjalin.

Selain pertandingan final, kegiatan selama dua hari itu juga mempertimbangkan tim yang memperebutkan tempat ketiga.

Peserta yang menjadi most valuable player (MVP) dan menjuarai KU-14, Muhammad Arka El Maska, mengatakan penyelenggaraan event ini sangat bagus, karena bisa menjadi ajang mengasah kemampuan dan mental.

"Semoga timnya semakin banyak, lebih sportif, dan meriah ke depannya," ujar pelajar kelas delapan SMP Al-Azhar 12 Rawamangun yang berposisi sebagai shooting guard tersebut.

Baca juga: IBL rilis daftar pemain Tim Utama musim 2024
Muhammad Arka El Maska meraih gelar MVP kategori Kelompok Umur (KU) 14 dalam event 3 Dekade Basketball yang diselenggarakan oleh Dash Sports di GOR Bulungan, Jakarta, Sabtu (17/8/2024). ANTARA/Donny Aditra
Dash Basketball Tournament (DBT) 2024 merupakan yang kedua kali diselenggarakan oleh Dash Sports.

 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024