Vaksinasi kucing sangat penting terutama vaksin rabies, sebab kucing termasuk salah satu binatang pembawa virus rabies
Mataram (ANTARA) - Dinas Pertanian Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menggelar Lomba Kucing Kesayangan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 RI, sekaligus wadah sosialisasi tentang kesehatan hewan peliharaan terutama kucing.

"Selain itu, untuk memotivasi para pecinta hewan peliharaan untuk membentuk komunitas guna memudahkan pembinaan," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Kota Mataram Rihul Jannah di Mataram, Sabtu.

Baca juga: PLN Icon Plus mendukung pelaksanaan upacara kemerdekaan di IKN

Kegiatan lomba kucing kesayangan itu dilaksanakan pada Minggu (18/8-2024) di kawasan Rembiga atau depan Rumah Sakit Metro Medika Mataram.

Selain menyemarakkan HUT Ke-79 RI, lomba kucing kesayangan tersebut sekaligus untuk menyambut HUT Ke-31 Kota Mataram pada 31 Agustus 2024.

"Ini kegiatan pertama yang kami gelar di Kota Mataram, dan antusias masyarakat cukup tinggi untuk berpartisipasi. Pendaftar, sudah puluhan," katanya.

Kegiatan pendaftaran lomba tersebut dilaksanakan secara "online" dengan membayar uang pendaftaran Rp25.000. Peserta yang menang, akan mendapatkan piagam, piala, dan uang pembinaan.

Dalam penilaian, katanya, tim penilai antara lain melihat kesehatan badan, kuku, mulut, dan mata. Selain itu, ketangkasan, serta apakah kucing itu sudah di steril dan divaksin.

Baca juga: Pj Gubernur ajak masyarakat isi kemerdekaan dengan kegiatan positif

"Vaksinasi kucing sangat penting terutama vaksin rabies, sebab kucing termasuk salah satu binatang pembawa virus rabies," katanya.

Terkait dengan itu, lanjutnya, dalam kegiatan lomba kucing kesayangan juga akan dibuka layanan vaksinasi rabies secara gratis. Selain itu juga ada layanan pemberian multivitamin, suntik kutu, dan suntik cacing untuk kucing kesayangan.

"Harapannya, para pemilik dapat memprioritaskan kesehatan kucing kesayangan agar tetap sehat dan bebas dari rabies," katanya.

Rihul berharap, para pemilik kucing kesayangan bisa memanfaatkan kesempatan itu, sebab biaya untuk melakukan vaksin dan lainnya bagi hewan kesayangan relatif mahal.

Misalnya, untuk pemberian vaksin rabies bisa mencapai Rp150 ribu, multivitamin sekitar Rp100 ribu, suntik kutu dan kuku masing-masing bisa Rp150 ribu.

Baca juga: Warga Bandarlampung gelar upacara HUT RI berbahasa Lampung
 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024