"Ini merupakan momen penting bagi masyarakat Papua Tengah karena bertepatan dengan peringatan HUT RI di mana pesawat Trans Nusa landing perdana untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,"
Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah menghadirkan pesawat Trans Nusa jenis PK-TJA Aircraft Comac ARJ21-700 di Bandar Udara Douw Atarure sebagai kado perayaan HUT ke 79 RI.
 
Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk dalam siaran pers di Jayapura, Sabtu, mengatakan perayaan HUT ke-79 RI menjadi momen bersejarah yang mana pemerintah mempersembahkan Pesawat Trans Nusa bagi masyarakat Papua Tengah.
 
"Ini merupakan momen penting bagi masyarakat Papua Tengah karena bertepatan dengan peringatan HUT RI di mana pesawat Trans Nusa mendarat perdana untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.
 
Menurut Ribka, selama ini Papua Tengah hanya didarati pesawat sejenis ATR sehingga ini adalah sejarah baru.
 
"Kami berharap dengan hadirnya Pesawat Trans Nusa akan membawa daerah ini lebih maju dari sebelumnya. Ia percaya, multiplier effect  akan terjadi pasca maskapai ini beroperasi," ujarnya.
 
Dia menjelaskan kehadiran Trans Nusa ke depan pihaknya yakin akan lebih mudah mengakses transportasi untuk keluar masuk antar daerah.
 
"Terutama arus barang dan logistik akan semakin banyak dengan memanfaatkan penambahan jasa maskapai dengan begitu perekonomian akan semakin membaik, inflasi dapat terkendali dan banyak hal lainnya dapat dimanfaatkan hingga terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” katanya.
 
Dia menambahkan pihaknya tidak menyangka dengan waktu 3,5 bulan membangun komunikasi dengan Trans Nusa, dapat mewujudkan kerinduan masyarakat. Dalam momentum ini Pemerintah Papua Tengah persembahkan kehadiran Trans Nusa sebagai kado HUT Kemerdekaan RI bagi seluruh masyarakat.
 
"Ke depan pesawat ini akan melayani penerbangan Sorong-Nabire-Jayapura, Nabire-Mimika, Nabire-Biak dan Nabire-Manokwari. Sedangkan jangka panjangnya akan membuka rute penerbangan, Nabire-Papua Pegunungan dan Nabire-Papua Selatan," ujarnya.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024