Ini tolong hati-hati, struktur bangunannya sudah rapuh ini. Kalau kayunya sudah gosong begini, takutnya tiba-tiba roboh
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menyelenggarakan kerja bakti membersihkan puing-puing sisa kebakaran di RW 06 dan RW 12 Manggarai dengan melibatkan warga.
 
"Sampah sisa kebakaran kalau tidak dibersihkan bisa menjadi sumber penyakit, makanya lokasi ini nanti kita akan pantau terus," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin di Jalan DR Sahardjo, Jakarta Selatan, Sabtu.
 
Munjirin memilih turun langsung dalam kerja bakti massal membersihkan puing sisa kebakaran pemukiman warga untuk memastikan kondisi di lapangan berjalan lancar.
 
Tidak hanya pejabat, seratus lebih pegawai terdiri atas Aparatur Sipil Negara (ASN),  pasukan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU),  petugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP), dan personel TNI-Polri ikut terlibat dalam kerja bakti massal tersebut.
 
Di tengah kegiatan, Munjirin ikut memunguti barang-barang bekas yang kondisinya gosong dan menjadi sampah serta memasukkannya ke dalam karung yang dibawanya.
 
"Ini tolong hati-hati, struktur bangunannya sudah rapuh ini. Kalau kayunya sudah gosong begini, takutnya tiba-tiba roboh," ujarnya.
 
Kerja bakti massal dilakukan setelah upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan Jalan Prapanca, Kebayoran Baru.
 
"Saya berharap kerja bakti ini bisa membantu warga yang terdampak untuk memulai menata kembali lingkungan sekitar," ujar Munjirin.
 
Munjirin didampingi Sekretaris Kota Ali Murthado, Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Sayid Ali serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan Mukhlisin, berkeliling melihat kondisi bangunan rumah warga yang terdampak kebakaran.
 
Tercatat 683 bangunan dan jumlah warga terkena dampak kebakaran mencapai 3.043 jiwa atau 1.050 kepala keluarga (KK).
 
Kebakaran di RW 06 dan RW 12, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan itu, terjadi pada Selasa (13/8) dini hari.

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan secara bertahap merelokasi warga terdampak kebakaran di Jalan Dr Saharjo RW 06 dan RW 12 Manggarai, Tebet, ke Rusun Pasar Rumput.
Baca juga: Kemenag beri alat shalat dan mushalla bagi penyintas Manggarai
Baca juga: Baznas bikin masjid darurat bagi penyintas kebakaran Manggarai Jakarta
Baca juga: Presiden serahkan bantuan bagi warga terdampak kebakaran di Manggarai

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024