Makassar (ANTARA) -
Try Adyaksa S, Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan mengukir kebanggaan tersendiri karena menjadi penggerak Bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu.

Saat ini Tri Adyaksa menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Parepare. Dia disorot lengkap dengan logo Pemprov Sulsel di seragamnya.

"Ini kebanggaan putra terbaik kita di Paskibraka, mendapat kehormatan sebagai penggerek bendera, selamat untuk ananda mudah-mudahan lancar bertugas sampai dengan selesai," kata Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh di Makassar, Sabtu.

Forkopimda Sulsel mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara Nusantara secara virtual dari Aula Tudang Sipulung Rumah Jabatan Gubernur.
 
Upacara berlangsung khidmat dan lancar, salah satu momen yang penuh haru dan tepuk tangan adalah saat Tim “Nusantara Baru”, nama yang disematkan, didaulat untuk bertugas pada momen bersejarah tersebut dan mereka berhasil menjalankan tugas.
 
Adapun Tim "Indonesia Maju" menjadi tim penurunan bendera pada sore hari pukul 17.00 WITA.

Sebelumnya, Try Adyaksa S dan Paskibraka Nasional Putri dari Sulsel Aghata Sapan Kallolangi dilepas oleh Pj Gubernur di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.
 
Terkait penghargaan yang akan diberikan kepada petugas Paskibraka, Zudan menyampaikan bahwa semua yang berprestasi akan diberikan penghargaan berupa beasiswa pendidikan.
 
Mereka yang berprestasi berpeluang mendapatkan beasiswa dari S1 hingga S3, dimulai dari APBD 2024 dan disiapkan hingga dilanjutkan 2025.
 
"Ini untuk menghargai generasi muda kita yang memiliki prestasi nasional," ujarnya.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024