Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember (Unej) kini memiliki gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang diberi nama Ir Soekarno yang diresmikan saat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

"Gedung UKM baru itu diberi nama Gedung Ir Soekarno dengan harapan mahasiswa Unej bisa meniru dan menyerap semangat serta kiprah proklamator kemerdekaan itu ketika beliau masih muda, saat menjadi mahasiswa," kata Rektor Unej Iwan Taruna saat memberikan sambutan pada peresmian gedung tersebut di kampus setempat.

Menurut dia Bung Karno kala menjadi mahasiswa sangat tekun belajar, namun juga tak lupa menjadi aktivis kemerdekaan Indonesia, sehingga pelajaran sejarah mengenai Ir Soekarno kala muda itu penting dicontoh.

"Mahasiswa saat ini juga tidak hanya dituntut menguasai Iptek sesuai dengan disiplin keilmuan yang ditekuni, namun juga wajib memperkaya khazanah soft skill di luar kelas perkuliahan dan peka terhadap lingkungan sekitar," tuturnya.

Sementara Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unej Fendi Setyawan mengatakan gedung UKM baru itu dibangun sesuai dengan program revitalisasi kemahasiswaan yang sudah menjadi program di Rencana Bisnis Strategis Universitas Jember tahun 2020-2024.

"Gedung UKM lama yang ada seperti di kompleks PKM dan Gedung Soetardjo sudah terisi, sementara masih ada UKM yang belum memiliki ruangan. Ada juga gudang yang akan menyimpan peralatan UKM seperti milik UKM Reog Mahasiswa Sardulo Anurogo, UKM Marching Band dan lainnya," katanya.

Ia berharap kualitas dan kuantitas prestasi mahasiswa Unej semakin moncer dengan gedung UKM baru tersebut, sehingga dapat mendorong kiprah kegiatan akademik dan non-akademik serta mewadahi beragam kegiatan peningkatan soft skill, yang ujungnya meningkatkan prestasi mahasiswa.

Gedung lima lantai seluas 2.052 meter persegi itu dibangun dengan biaya sebesar Rp10,8 miliar dengan 38 ruang buat UKM tingkat universitas yang dilengkapi tiga gudang peralatan. Di tingkat teratas berupa roof top bisa digunakan untuk beragam keperluan, sementara di halaman sudah ada amphitheater yang dipersiapkan menjadi panggung unjuk kebolehan mahasiswa.

Sementara pengurus UKM Karate Unej Nasirotul Fadilah mengatakan gedung baru itu sangat representatif dan bisa menampung keperluan UKM karena selama ini UKM Karate belum memiliki ruangan.

"Dengan adanya Gedung Ir Soekarno maka operasional UKM kami makin lancar, apalagi lokasinya berdekatan dengan kompleks PKM tempat kami berlatih," ujarnya.

Baca juga: Marching band Unej borong trophy di Indonesia Drum Corps International

Baca juga: Peneliti Unej menciptakan sabun mandi berbahan dasar daur kelor

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024